Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat blog

Daftar isi [Tampil]

Pernah mendengar kata “blog” atau website? Tentunya pernah dong ya! Sekarang ini blog sudah menjadi trend atau gaya hidup masyarakat. Sudah banyak blogger yang sukses meraih keuntungan dan populer di media karena berbekal tulisan di blog.

Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utamanya. Nah, sebenarnya apa itu blog? Apa beda blog dan website? Bagaimana cara membuat blog hingga menjadi blog profesional dan banyak pengunjungnya? Bagaimana cara membuat blog mudah untuk pemula? Nah, kali saya akan mengajak kamu untuk membuat blog profesional.

Baca juga : Apa itu Blogger
Baca juga : Perbedaan blog dan website

Banyak sekali orang yang masih belum mengenal atau mengetahui apa itu blog. Kalau pun ada, itu pun hanya karena tugas yang di berikan oleh guru atau dosen. Tapi bagi anda yang penasaran atau ingin lebih mengenal dunia blogging, disini saya akan membagikan bagaimana cara membuat blog.

Cara Membuat Blog

1. Untuk proses pendaftaran, anda harus memiliki sebuah akun GMAIL, jika kamu belum tau cara membuat email, kamu bisa baca di halaman sebelumnya Cara Membuat Akun Gmail, setelah itu kunjungi blogger.com kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah
  • CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DI BLOGSPOT TERBARU

    2. klik sign up langsung saja isikan alamat email dan password anda. Setelah berhasil login maka akan muncul tampilan seperti ini
 CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DI BLOGSPOT TERBARU 

3. Klik blog baru. Dan akan muncul jendela seperti di bawah
  • Judul : isikan judul blog atau nama blog sesuai keinginan anda 
  • Alamat : isikan alamat sesuai keinginan anda asalkan alamat yang diinginkan tersedia , ( alamat atau link ini adalah sebagai alamat blog anda, misalnya blog saya Bang Rizky W alamatnya adalah (http://BangRizkyW.blogspot.com/) 
  • Template : Pilihlah template sesuai keinginan anda, (template ini bisa di ganti nantinya, jika blog sudah di buat) ,oh ya..jika anda belum tau template itu apa, Template adalah theme atau tema untuk blog anda. Terakhir, klik buat blog.
Untuk memulai menggunakan blog, anda bisa mulai menulis atau mengganti tema blog sesuai keinginan anda dan berikut adalah caranya.

Cara menulis artikel dan mengganti template blog

Untuk lebih memahami apa saja kegunaan - kegunaan menu yang ada di blogger, berikut adalah gambarannya

Untuk mulai menulis artikel, klik pada gambar pensil, setelah di klik akan muncul tampilan seperti ini

cara menulis artikel di blog
  • Tulis judul artikel yang ingin anda buat 
  • Tulislah artikel yang anda buat 
  • Anda bisa mengatur tulisan, mulai degan menambahkan gambar, warna, link dan lain - lain di menu formating 
  • Jangan lupa beri label pada artikel 
  • Beri deskripsi di setiap artikel, ini berguna untuk menjelaskan secara umum isi dari artikel yang anda buat Terakhir klik publikasikan

Cara mengganti template

Jika anda serius dengan dunia blogging, saya sarankan untuk mengganti template yang seo friendly ( template yang di sukai search engine). Dan berikut adalah cara mengganti template di blog
  • Klik pada menu template 
  • Jika anda sudah mempunyai template baru, silahkan hapus kode html pada template lama, caranya klik CTRL+A lalu klik delete 
  • Lalu copy kode xml template baru anda, caranya sama klik CTRL+A , CTRL+C lalu pastekan di kolom template 
  • Terakhir klik simpan 
  • Dan untuk melihat hasilnya klik lihat blog

Sekilas Tips blogging 
  • Mulailah membangun blog dengan menentukan tema isi untuk blog anda. Misalnya blog tentang kesehatan, tulislah artikel yang berkaitan dengan kesehatan. Tetaplah konsisten dengan tulisan yang anda buat, maka pengunjung atau pembaca artikel anda akan datang dengan sendirinya 
  • Gantilah template dengan template yang seo friendly, ini bertujuan agar blog kita di sukai oleh google, selain itu artikel yang kita buat mudah di index oleh google. 
  • Setelah blog anda sukses mendapatkan pengunjung yang cukup banyak, mulailah menghasilkan uang dari blog anda. Seperti mencari pemasang iklan di blog dan ikut program PPC ( PAY PER CLICK) atau bayaran yang di terima setiap kali ada yang mengklik iklan. Dengan ini blog anda tidak hanya sebagai tempat berbagi informasi, tapi juga sarana penghasil uang. 

Mudah-mudah share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Cara membuat blog yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda semoga blog yang anda buat tidak hanya bermanfaat buat anda tetapi juga buat orang banyak, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

Posting Komentar untuk "Cara membuat blog"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi