"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Cara Memotivasi Diri Sendiri


Memotivasi diri sendiri berarti mau berdiskusi dan berperilaku terfokus dan terarah. Selain itu juga harus siap menghadapi tantangan yang menuntut Anda berpikir sebagai pribadi yang tegas, cerdas dan bersikap positif.

Orang yang tidak mampu memotivasi diri harus puas dengan kondisi mereka yang biasa-biasa saja. Tidak peduli seberapa mengesankan bakat mereka yang lain. (Andrew Carnegie)

Jika anda ingin lebih unggul dan bersemangat dalam hidup, motivasi diri adalah hal yang paling penting. Anda harus tahu bagaimana cara untuk memotivasi diri anda sendiri.

Anda harus mampu menjaga semangat anda tetap tinggi, tidak peduli seberapa sulit situasi anda. Itulah satu-satunya cara untuk mendapatkan kekuatan yang anda butuhkan, untuk mengatasi kesulitan anda. Mereka yang putus asa di masa-masa sulit yakin akan kehilangan rasa percaya diri mereka.

Kabar baiknya, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mulai memotivasi diri sendiri.


1. Memiliki Alasan

Saya tidak bisa menjabarkan, mengapa motivasi merupakan alasan terkuat kita sehingga mampu menghadapi segala rintangan. Motivasi dapat menginspirasi kita untuk memberikan yang terbaik, bahkan dalam menghadapi kesulitan. Hal ini dapat membuat kita melakukan hal-hal yang tampaknya mustahil.

Sementara alasan lainnya bisa menginspirasi kita hanya untuk sementara. Motivasi merupakan hal penting bagi kita, sesuatu yang dapat menginspirasi kita tanpa batas.

It’s a spring of motivation that will never dry.

Ketika anda lelah bekerja, ketika anda lelah menyelesaikan tugas kuliah anda, ingatlah tujuan anda. Setiap kali anda berpikir bahwa anda kehabisan motivasi, anda selalu dapat memikirkan “alasan anda melakukannya”. Hal ini berguna untuk mendapatkan motivasi anda kembali.

2. Memiliki Mimpi. Sebuah Mimpi Besar

Only as high as I reach can I grow, as far as I seek can I go, only as deep as I look can I see, as much as I dream can I be.  (Karen Ravn)

Alasan anda adalah motivasi anda. Tetapi anda perlu action untuk membuatnya mimpi anda menjadi kenyataan. Bayangkan bagaimana dunia anda di masa depan. Bayangkan bagaimana orang akan hidup dan bekerja.

Memiliki mimpi itu penting, karena sulit untuk termotivasi jika anda tidak memiliki keinginan apapun. Mari kita ambil sebuah contoh tentang orang-orang yang bermain basket. Apakah mereka akan termotivasi untuk bermain jika tidak ada keranjang untuk memasukkan bola basket? Saya rasa tidak. Mereka membutuhkan goal. Anda perlu tujuan. Itulah mimpi yang perlu anda wujudkan.

Tapi memiliki mimpi saja tidaklah cukup. Mimpi anda harus cukup besar untuk menginspirasi anda. Mimpi itu juga harus realistis, tetapi menantang. Sehingga anda perlu mengerahkan kemampuan anda di luar zona nyaman anda.

3. Memiliki Keinginan yang Kuat

Wanting something is not enough. You must hunger for it. Your motivation must be absolutely compelling in order to overcome the obstacles that will invariably come your way. (Les Brown)

Agar benar-benar termotivasi, anda harus memiliki KEINGINAN KUAT, dan bukan hanya keinginan. Memiliki keinginan belaka tidak akan membawa anda melalui masa-masa sulit. Karena anda tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk. Dalam banyak kasus seperti olahraga, keinginan yang kuat dapat membuat perbedaan. Antara pemain terbaik, dengan pemain yang biasa-biasa saja.

Bagaimana cara agar anda dapat memiliki keinginan yang kuat? Alasan anda dan impian anda memainkan peran besar disini. Jika anda memiliki alasan dan mimpi besar yang berkaitan, maka anda pasti memiliki keinginan kuat di dalam diri anda.

Jika anda berpikir bahwa anda kehilangan keinginan, yang perlu anda lakukan adalah untuk menghubungkan lagi alasan anda dengan mimpi anda. Biarkan keduanya menginspirasi anda dan membawa keinginan kuat anda kembali.

4. Berlombalah dengan Diri Anda Sendiri

Saya tidak mencoba untuk menari lebih baik dari orang lain. Saya hanya mencoba untuk menari lebih baik dari diriku sendiri. (Mikhail Baryshnikov)


Membandingkan diri anda dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuat anda kehilangan motivasi diri. Walaupun anda memulainya dengan antusias, anda akan kehilangan energi ketika anda membandingkan diri anda dengan orang lain.

Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda. Anda memiliki keistimewaan sendiri, sehingga bagaimana perform orang lain bukanlah hal yang pantas untuk dibandingkan.

Membandingkan diri dengan orang lain sama seperti membandingkan kinerja perenang dengan pelari menggunakan standar waktu yang sama. Mereka berbeda. Jadi, bagaimana bisa anda membandingkan satu dengan yang lain?

Satu-satunya pesaing yang anda miliki adalah diri anda sendiri. Satu-satunya yang perlu anda kalahkan adalah diri anda. Apakah anda bisa menjadi yang terbaik?

5. Ambil Satu Langkah Lagi

Sukses bukanlah akhir, dan kegagalan bukanlah fatal. Keberanian untuk melanjutkan adalah hal yang terpenting. (Winston Churchill)


Ketika anda bertemu rintangan di sepanjang jalan, mungkin ada kecenderungan untuk berhenti. Anda mungkin berpikir bahwa terlalu sulit untuk melanjutkan kembali. Anda mungkin berpikir bahwa impian anda tidak mungkin untuk dicapai.

Tapi ini adalah waktu yang tepat. Dimana anda dapat melihat perbedaan antara pemenang dan pecundang. Meskipun keduanya menghadapi kesulitan yang sama, ada satu hal yang membuat para pemenang berbeda: keberanian untuk melanjutkan.

Dalam situasi sulit, fokuslah mengambil satu langkah lebih maju. Jangan berpikir tentang bagaimana cara untuk menyelesaikan lomba. Jangan berpikir tentang berapa banyak rintangan yang menunggu anda. Anda hanya perlu fokus untuk mengambil langkah selanjutnya.

6. Membentuk Pola Pikir

Biasakan berpikir positif. Apa pun akan terasa sulit jika kita memiliki pola pikir yang menghambat diri sendiri, misalnya “Huh, semuanya terasa menjengkelkan, apalagi jika sedang hujan.” Pikiran tersebut membuat kita malas bangun pagi sampai seseorang benar-benar menyeret kita turun dari tempat tidur.

Jangan bersikap seperti ini! Berpikir positif adalah langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menemukan motivasi.

Berhentilah berpikir negatif. Jangan diteruskan. Alihkan perhatian ke tempat lain, terutama jika kita sedang berpikir tentang cara memotivasi diri sendiri! Bertanyalah kepada diri sendiri, apakah pikiran tersebut benar-benar penting. Ini adalah sesuatu yang bisa dan sanggup Anda lakukan. Anda akan terhambat jika memikirkan yang lain, sekalipun hanya untuk mencoba.

7. Bangunlah rasa percaya diri

Berpikir positif tentang kehidupan berarti berpikir positif tentang diri sendiri. Berpikir bahwa kita tidak mampu akan benar-benar menghambat setiap usaha yang kita lakukan. 

Buat apa repot-repot melakukan apa yang menurut Anda tidak mampu kita lakukan? Jawabannya, karena kita mampu. Coba ingat-ingat lagi keberhasilan kita sebelum memulainya. Apa saja pengalaman Anda? Apa hal-hal hebat yang pernah Anda lakukan selama ini? Sumber-sumber apa yang Anda miliki? Pikirkan lagi semua pencapaian Anda di waktu yang lalu. Apa alasan yang bisa menghalangi Anda mencapai keinginan saat ini?! Anda sudah pernah melakukan hal yang sama sebelumnya.

8. Jadilah seperti orang lapar

Pesan dari seorang motivator bernama Les Brown, “Anda harus menjadi orang yang lapar!” Ia ingin mengatakan bahwa Anda harus benar-benar menginginkan sesuatu sampai tidak bisa membayangkan jika Anda harus hidup tanpa hal ini. Berpikir tentang apa yang Anda inginkan sudah cukup baik, tetapi keinginan ini mustahil tercapai jika Anda bersikap pesimis.

Tumbuhkan keinginan yang kuat dan pikirkan apa usaha Anda untuk memotivasi diri sendiri? Adakalanya, Anda bisa menggunakan trik mudah untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda memang menginginkan sesuatu? Apakah keinginan ini adalah cara mendapatkan hal yang lain? Jika Anda benar-benar memimpikan liburan ke Hawaii, berpikirlah dengan cara tersebut. Anda benar-benar ingin pergi ke Hawaii dan keinginan ini bisa terwujud dengan bekerja keras. Pekerjaan yang kurang menyenangkan akan terasa lebih mudah jika ada tujuan tertentu, yaitu tujuan yang membuat Anda “merasa lapar”.

9. Ketahuilah bahwa kendala akan selalu ada

Ingatlah selalu bahwa kegagalan mungkin saja terjadi dan berusahalah menjadikan hal ini sebagai perilaku atau kebiasaan hidup. Keinginan menjadi pribadi yang perfeksionis hanya membuat Anda frustrasi dan mudah menyerah. Adakalanya, kegagalan memang terjadi. Sadarilah bahwa Anda mampu dan mau bangkit lagi.

Kegagalan atau rintangan tidak ada hubungannya dengan diri Anda sebagai manusia. Hal ini memang biasa terjadi. Terkadang karena Anda sendiri (karena membuat keputusan yang kurang tepat), tetapi bisa juga karena lingkungan yang berada di luar kendali Anda. Kesiapan menghadapi hal ini akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

10. Selamat Tinggal Masa Lalu..!

Selesaikan tugas-tugas di dalam to do list anda setiap hari. Percayalah, anda telah melakukan apa yang anda bisa. (Ralph Waldo Emerson)

Percaya atau tidak, salah satu hal yang menyebabkan anda kehilangan motivasi terbaik adalah masa lalu anda. masa lalu dapat menyeret anda sebelum anda menyadarinya. masa lalu dapat memberikan beban berat di pundak anda.

Kabar baiknya adalah, beban itu tidak perlu anda bawa. Lepaskan dan tinggalkan. Anda mungkin melakukan kesalahan di masa lalu. Anda mungkin mengecewakan orang lain karena apa yang anda lakukan. Tapi itu sudah berakhir. Itu adalah masa lalu dan tidak ada yang dapat ubah.

Hari ini adalah hari baru, dan anda memiliki kesempatan untuk memulai kembali. Tidak peduli seberapa buruk masa lalu anda, anda masih memiliki masa depan cerah yang menunggu anda. Jangan biarkan beban masa lalu menghentikan anda mengejar impian anda..!

Terapkan tips ini dan motivasi diri anda. Jangan puas dengan keadaan yang biasa-biasa saja. Biarkan motivasi membawa anda menjadi manusia yang semakin unggul dan bersemangat dalam menggapai impian-impian anda.

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang  Cara Memotivasi Diri Sendiriyang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .
Sumber: successbefore30Id.m.wikihow

0 Response to "Cara Memotivasi Diri Sendiri"

Post a comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel