Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalkan Doa Ini Agar Terbebas dari Lilitan Hutang

Daftar isi [Tampil]

Kebutuhan hidup yang banyak dan beragam serta melebihi ‘isi kantong’ seringkali menyebabkan seseorang berutang. Untuk melunasinya, kita diwajibkan berikhtiar. Caranya adalah dengan bekerja keras dan berdoa agar Allah memberikan jalan keluarnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengajarkan sebuah doa kepada seorang sahabat Anshar agar ia terhindar dari jerat utang. Doa ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud.

“Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam masuk ke masjid. Di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?”

Abu Umamah menjawab, “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.” Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?” Umamah menjawab, “Tentu, ya Rasul.”

Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:

Doa Agar Terhindar Dari Lilitan Hutang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Baca juga : Cara Terbebas dari Lilitan Hutang dan Strategi Mengatasi Beban Keuangan

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam agar umatnya terhindar dari utang yang sering kali menyebabkan pemilik utang diliputi ketakutan, kesusahan, kelemahan, dan kekikiran.

Abu Umamah mengatakan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.”

Semoga kita terhindar dari utang dan rezeki terjaga untuk mencukupi kebutuhan. 🙏

source : https://za.gl/Gr5v Penelusuran terkait: Doa Agar Terbebas dari Lilitan Hutang, doa agar terbebas dari lilitan hutang, doa supaya terbebas dari lilitan hutang, surah agar terbebas dari hutang

Posting Komentar untuk "Amalkan Doa Ini Agar Terbebas dari Lilitan Hutang"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi