Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 TIPS maksimalkan Gesture tubuh dalam Komunikasi

Daftar isi [Tampil]
Gestur Tubuh yang Penting untuk
Diperhatikan Saat Public Speaking

Sebuah riset menunjukkan bahwa 55% bahasa tubuh lebih mudah diterima dan dipahami oleh otak, dibandingkan bahasa verbal. Bahkan tanpa disadari saat berkomunikasi, bahasa tubuh akan terekam dibawah sadar audiens yang mendengarkan kita.

Karena bahasa tubuh menyampaikan lebih detail, bahasa tubuh bisa menyampaikan emosi dan perasaan kita. Maka berhati-hatilah bila kita salah menempatkan bahasa tubuh kita. Bisa jadi justru berakibat fatal.

Kabar baiknya, bahasa tubuh itu bisa dilatih lho. Ada 4 trik yang sederhana, supaya bahasa tubuh kita bisa menghipnotis orang yang berbicara dengan kita.

1. SENYUM LEBAR YANG TULUS

Saat menyalami seseorang, jangan langsung melempar senyum, karena senyum tersebut akan terkesan datar, generik, dan kurang personal. Untuk memberi kesan personal, ada baiknya melatih gestur “flooding smile“.

Caranya begini. Saat melakukan kontak mata dengan orang lain, beri jeda selama sedetik untuk menatap wajahnya dan melakukan kontak mata, lalu berikan senyuman yang lebar dan hangat. Jangan lupa: saat melempar senyum, mata kita juga harus ikut tersenyum.

Meski jedanya kurang dari sedetik, senyuman bisa meyakinkan orang lain bahwa kita tulus dan personal. Senyuman yang “ditarik” pelan bisa memberikan kesan mendalam pada orang yang melihatnya.

2. PENUH PERHATIAN LEWAT PANDANGAN

Memberikan perhatian dengan melakukan kontak mata lawan bicara sangat penting untuk menunjukkan fokus dan ketertarikan. Saat berbicara dengan lawan bicara, berikan kontak mata seperti itu agar dia paham bahwa kita perhatian padanya.

Jika kita merasa perlu mengalihkan pandangan sejenak, lakukan dengan lembut dan perlahan, lalu tatap matanya kembali. Gestur ini memberi kesan yang cerdas dan berwawasan luas.

3. ARAHKAN BADAN SECARA PENUH

Orang-orang bisa dengan sadar membaca reaksi kita terhadap mereka. Ketika kita berjumpa dengan orang baru, arahkan tubuh seluruhnya menghadap mereka dan berikan perhatian penuh, sama seperti ketika kita memperhatikan seorang bayi.

Mengarahkan tubuh 100% saat berkenalan dengan seseorang menunjukkan bahwa kita menganggap mereka sangat spesial.

4. ANGGAP LAYAKNYA KAWAN LAMA

Saat pertama kali berjumpa dengan seseorang, anggap saja orang tersebut adalah kawan lama kita. Hal ini bisa memicu reaksi bawah sadar di tubuhmu, dari melemaskan alis sampai memposisikan ujung kakimu. Manfaat lain dari teknik ini, kita bisa aja benar-benar langsung menyukai orang tersebut.

Nah, kiat-kiat di atas cukup simpel kan? Dengan memberi kesan pertama yang baik pada orang lain, kita mungkin bisa membuka kesempatan-kesempatan baru dalam hidup yang tidak duga sebelumnya.

Posting Komentar untuk "4 TIPS maksimalkan Gesture tubuh dalam Komunikasi"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi