Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berdoa dengan doa shakhih

Daftar isi [Tampil]

Berdo'a dengan do'a-do'a yang shahih dari Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam

Rasulallah Shalallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita (umatnya) tatkala turun sebuah musibah atau terkena sebuah masalah do'a-do'a untuk menghilangkan kesedihan dan kegelisahan yang ada, adalah beliau jika tertimpa sebuah kesulitan apa pun jenis, beliau mengucapkan:


"Wahai Dzat yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri, dengan kasih sayangMu saya memohon pertolonganMu".

Di dalam sebuah hadits shahih yang lainnya, adalah beliau jika turun padanya kesukaran dan kesedihan, beliau mengucapkan:


" Wahai Dzat yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri, dengan kasih sayangMu saya memohon pertolonganMu, Allah Rabbku, yang aku tidak menyekutukan denganNya". Shahuhul Jami' no: 4791.

Dalam sebuah do'a menghilangkan kesedihan dan kesulitan, di sebutkan dalam sebuah hadits yang agung ini:


"Ya Allah, sesungguhnya aku ini adalah hambaMu, anak dari hambaMu (laki-laki), anak dari hambaMu (perempuan), ubun-ubunku berada di tanganMu, mengikuti keputusan takdirMu dan berjalan sesuai dengan ketetapanMu. Aku memohon kepadaMu dengan setiap nama yang menjadi milikMu, nama yang Engkau lekatkan sendiri untuk diriMu, atau yang Engkau sebutkan dalam kitabMu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang di antara hambaMu (Nabi), atau yang Engkau sembunyikan di alam keghaibanMu, hendaknya Engkau menjadikan al-Qur'an ini sebagai penyejuk hatiku, cahaya dalam dadaku, penghilang kesedihanku danpenolak rasa gundahku". HR Ahmad

Dalam sebuah hadits di sebutkan do'a untuk membayar hutang. Sebagaimana yang shahih dari Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam:


"Ya Allah cukupkan saya dengan rizkiMu yang halal dari yang haram, berilah saya kekayaan dengan karuniaMu, yang tidak ada selain dariMu". HR Tirmidzi.

Dalam hadits yang lain beliau berdo'a:


"Ya Allah saya berlindung denganMu dari kesulitan dan kesedihan, dari ketidak mampuan dan kemalasan, dari sikap bakhil dan pengecut, dari terlilit hutang dan di kuasai orang lain". HR Muslim no: 1729.

Dan do'a ketika di timpa sebuah kesusahan apa pun bentuknya:


"Ya Allah tidak ada kemudahan, melainkan yang Engkau jadikan mudah. Dan Engkau jadikan kesedihan menjadi mudah jika Engkau kehendaki". HR Abu Dawud.

Dan do'a sangat bermanfaat untuk menghilangkan sebuah musibah baik sebelum turunya bencana tersebut mau pun sesudah turunya, hal itu sebagaimana di jelaskan dalam sebuah hadits shahih dari Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:


"Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali do'a". Shahihul jami' no: 7564.

Posting Komentar untuk "Berdoa dengan doa shakhih"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi