Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Tag Heading H1-H4 Di Postingan Blogger Agar SEO, Optimasi Post Blog

Daftar isi [Tampil]
Cara Mudah Membuat Tag Heading
H1-H4 di Postingan Blogger lengkap

Tag heading (judul) adalah elemen penting dalam sebuah postingan blog. Menerapkan tag heading yang benar tidak hanya memperbaiki struktur konten, tetapi juga membantu pembaca dan mesin pencari memahami hierarki informasi dalam artikel Anda. Dalam artikel ini, saya akan memberi sedikit penjelasan untuk blogger pemula, Sebagai Blogger anda wajib tahu apa itu Tag Heading H1 H2 H3 H4 dan Cara Membuatnya Agar artikel yang anda buat menjadi SEO (Search Engine Optimation) terhadap blog anda sendiri. Jika tidak, anda tidak akan berprestasi dalam dunia blogging hingga akhirnya bisa mati sebelum berkembang lebih jauh.

Sebelum saya memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mudah membuat tag heading H1-H4 di postingan Blogger, saya akan membahas tentang Heading

Pengertian Heading

Heading berasal dari bahasa Inggris. Artinya adalah kepala. Tapi dalam konteks blogging, heading dimaknai sebagai title atau judul dengan sub turunannya. Bisa judul blog, judul postingan, judul widget dan seterusnya. Sedangkan tag  heading akan di jelaskan di bawah.

Pengertian Tag Heading

Tag Heading Yaitu penanda terhadap semua heading dan sub heading yang ada di blog, yang penulisannya bisa menggunakan HTML. Dengan simbol H dan angka untuk setiap jenjangnya, misalnya H1, H2, H3, H4 dan seterusnya. Yang intinya adalah penanda heading. Penanda title. Penanda judul dan sub demi subnya dari setiap struktur dan komponen dari sebuah blog.

TAG Heading secara default ditampilkan oleh browser dengan ukuran lebih besar dan lebih tebal (bold) dari teks biasa. Tidak hanya sekedar untuk memberikan penampilan yang lebih tegas dan penekanan, TAG Heading juga sangat penting dalam kaitannya dengan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Mengenal Heading HTML

Heading atau lebih tepatnya TAG Heading merupakan TAG khusus yang disediakan oleh HTML untuk membuat sebuah judul pada teks dalam sebuah halaman web. 

TAG Heading dalam HTML terdiri dari 6 tingkatan berdasarkan tingkat penting dan ukurannya. TAG Heading tersebut adalah <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5> dan <h6>. TAG H1 memiliki ukuran paling besar, sedangkan TAG h6 memiliki ukuran paling kecil.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun TAG Heading ini memiliki ukuran yang bervariasi dan lebih tebal serta besar dari tag biasa, namun jangan gunakan TAG Heading ini hanya untuk membuat tulisan yang lebih besar. Gunakanlah TAG Heading hanya untuk membuat judul dan subjudul, bukan untuk membuat tulisan berukuran besar. Karena pada dasarnya untuk membuat tulisan besar kita bisa menggunakan CSS.

Biasanya H1 hanya digunakan satu kali dalam sebuah halaman web, yaitu sebagai judul utama (judul besar). H2, H3 dan seterusnya bisa kita gunakan beberapa kali sebagai sub judul.

Lalu siapa yang ingin ditandai oleh tag heading tersebut? Dengan kata lain siapa yang hendak diberitahu?

Pertama tentu saja pembaca. 

Memberi tahu pembaca bahwa teks yang ukuran fontnya paling besar dan paling tebal adalah judul sebuah postingan. Dan yang nomor 2 besar adalah sub judulnya. Begitulah seterusnya. Bayangkan jika semua teks yang ada pada sebuah blog ukuran font dan ketebalannya semua sama. Apa yang akan terjadi? Pembaca bisa bingung. Mana yang judul, sub judul, list dan isinya, menjadi sulit dibedakan. Akibatnya tidak ada sistematika yang jelas. Tidak ada struktur yang sistematis. Efeknya tulisan tersebut menjadi sulit dipahami. Hasil akhirnya, pembaca tidak betah menjelajahi sebuah blog apalagi untuk berlama-lama.

Kedua yang ingin ditandai oleh tag heading adalah robot mesin pencari. 

Untuk memberitahukan bahwa yang ditag itu adalah bagian-bagian penting yang harus dirayapi dengan nilai lebih dibanding teks lain. Ibaratnya tag heading tersebut adalah juru bicara dari sebuah blog yang seolah-olah berkata: "Hei Robot, sini! Coba lihat bagian ini. Cepat!"

Jadi apa fungsi tag tersebut pada sebuah blog?

Pertama untuk desain tampilan. 

Dengan menggunakan tag tertentu, maka tampilan blog anda bisa dibuat tertata dan menarik. Jika itu halaman postingan, maka tulisan anda, akan tampak rapi dan dinamis dengan efek-efek tertentu. Jika itu terjadi pada sidebar dan widget, efeknya untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi blog anda. Hasil akhirnya, semua itu membuat pengunjung menjadi betah di blog anda. Karena apa yang mereka cari dan baca, sudah terpampang dengan jelas dan menarik.

Kedua untuk SEO. 

Ini sangat penting. Ingatlah saat anda main main di Facebook. Tiba-tiba anda melihat sebuah pemberitahuan bahwa ada yang melike status anda. Atau mengomentari thread anda. Maka anda akan buru-buru mengklik link notifikasi tersebut dan browser akan langsung mengantarkan anda ke lokasi dimana itu terjadi. Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencari lokasinya secara manual. Atau yang lebih fatal, tanpa ditag oleh seseorang, anda bisa jadi tidak akan tahu apakah nama anda ditulis atau tidak oleh Facebooker lain.

Nah begitu juga dengan pengaruh tag untuk SEO. Robot mesin pencari, akan lebih cepat merayapi bagian tertentu dari blog anda dengan menggunakan tag-tag tertentu, dimana tag itu juga sudah ada standar penulisannya sesuai algoritma mesin pencari. Contohnya meta tag, tag heading dan seterusnya.

Lalu apa efeknya jika anda tidak menuliskan tanda (tag) tersebut?

Tentu saja teks yang anda tulis, tidak akan pernah bisa dikelola. Tidak ada huruf tebal, tidak ada huruf miring, tidak ada paragraf, bahkan tidak ada baris baru setelah titik. Dan banyak hal lainnya terkait dengan pengaturan tampilan sebuah tulisan. Semuanya akan menumpuk tanpa layout yang jelas. Bahkan lebih dari itu, blog anda bisa tidak tampil sama sekali jika tag tertentu dihilangkan dari blog anda.

Tag heading merupakan bagian penting dari struktur data blog kamu. agar mudah dikenali google maka dari itu setiap postingan blog wajib menggunakan ini.

Tag heading itu sendiri sebelumnya mungkin kalian juga sudah baca di blog lainnya, inti pokok dari pentingnya tag heading untuk mudah dikenali oleh google. agar tidak salah langkah dalam pembuatannya kebanyakan yang mungkin belum tau bagaimana pembuatannya. saya akan memberikan penjelasan lengkap disini.

Tag heading sendiri berfungsi untuk kemudahan membaca bagi pembaca blog itu sendiri, Judul dan sub judul merupakan hal pokok yang harus diketahui untuk penulisan artikel blog. Heading ini menentukan kepuasan pembaca apakah mereka menemukan artikelnya di blog kamu ataukah tidak. poin penting ini biasanya berkaitan satu sama lain. untuk itu kita tidak boleh sembarangan dalam membuat sub judul. bisa-bisa pembaca malah lari apabila tidak menemukan isi atau inti yang mereka cari di blog kamu.

Nah pertanyaannya disini bagaimana caranya membuat tag heading di postingan blogger, cenderung seseorang yang baru memegang sebuah blog mungkin agak bingung. disini saya akan menjelaskannya dengan mudah, temukan caranya dibawah ini

Cara Membuat Tag Heading H1 H2 H3 H4 Di Postingan Blogger

Setiap Situs atau blog pastinya mempunyai tag heading, kurang lebih kita contohkan dibawah ini merupakan contoh umum yang sering digunakan untuk menulis.

Tag Heading H2
Tag Heading H3
Tag Heading H4

Dari 3 Contoh Tag Diatas Merupakan tag yang umum digunakan untuk membuat sebuah artikel di blogger, judul turunan bisa anda letakkan disana, sebelum itu inilah alasan kenapa blogger tidak menggunakan tag h1 pada postingan ?. Berikut Penjelasannya…

Yap, Jika anda baru mengenal heading, ada beberapa alasan kenapa h1 tidak digunakan oleh seluruh blogger. karena Tag H1 adalah judul halaman/potingan blog anda, dan hanya boleh digunakan sekali dalam artikel. itulah alasan kenapa h1 tidak digunakan oleh blogger, karena kebanyakan template mungkin sudah menyetting ini secara otomatis. maka kamu tidak perlu lagi membuat tag h1 didalam postingan.

Cara Membuat Tag H2 Didalam Postingan Blogger

Ada Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Tag h2 h3 h4 didalam postingan, sebagai contoh kasus pertama kalian bisa menggunakan cara ini..

# Cara Membuat Tag H2

1. Buatlah Sebuah Artikel, Jika Sedang Menulis Anda Ingin Menggunakan Tag h2
2. Blok Tulisan Dan Pilih Heading Seperti Gambar Dibawah Ini



3. Selesai..

# Cara Membuat Tag H3

1. Buatlah Sebuah Artikel, Jika Sedang Menulis Anda Ingin Menggunakan Tag H3.
2. Silahkan Blok Tulisan/Teks Dan Pilih SubHeading Seperti Gambar Dibawah Ini



3. Selesai

#Cara Membuat Tag H4

1. Buatlah Sebuah Artikel, Jika Sedang Menulis Anda Ingin Menggunakan Tag H4.
2. Silahkan Blok Tulisan/Teks Dan Pilih MinorHeading Seperti Gambar Dibawah Ini…


3. Selesai

# Membuat Tag Heading Menggunakan Mode HTML

Cara ini tergantung beberapa orang yang menyukainya. anda bisa masuk ke Mode HTML dengan cara klik disebelah compose seperti gambar dibawah ini.



Jika Ingin membuat tag heading caranya cukup mudah, sebenarnya cara ini sama saja dengan cara umum seperti diatas, tergantung selera kalian gimana yuk langsung ini caranya.

<h2>Judul Tag Heading Kamu</h2>
<h3>Judul Tag Heading Kamu</h3>
<h4>Judul Tag Heading Kamu</h4>

Jika Sudah, Kembali lagi ke mode compose. seharusnya tagnya sudah terbuat. namun lebih enak cara yang pertama tadi bukan, kalau saya sendiri lebih suka cara yang menggunakan HTML, bagaimana dengan kalian ?

Kesimpulan:

Menerapkan tag heading H1-H4 di postingan Blogger adalah langkah penting dalam membangun struktur konten yang baik dan membantu pembaca serta mesin pencari memahami hierarki informasi. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat dengan mudah membuat tag heading pada judul dan subjudul di postingan Anda. Pastikan untuk menggunakan hierarki yang benar dan memilih gaya heading yang sesuai untuk meningkatkan keterbacaan dan pengoptimalan SEO pada blog Anda. Sampai disini kalian sudah berhasil membuat Tag dari H2 H3 H4 bukan ?, Lalu kenapa biasanya Tag h5 dan h6 tidak digunakan ?, nah biasanya h5 dan h6 ini digunakan untuk related post ataupun widget lain yang terpasang di blog kamu, sehingga yang tadi merupakan tag wajibnya saja yang perlu kamu gunakan, mungkin sekian itu saja yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terimakasih telah membaca 🙂

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Tag Heading H1-H4 Di Postingan Blogger Agar SEO, Optimasi Post Blog"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi