Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Ads.txt

Daftar isi [Tampil]

Google juga memberlakukan aturan baru bagi publisher atau penayang iklan di website. Tidak sedikit publisher yang diminta mengaktifkan ads.txt-nya jika tak ingin kehilangan penghasilan.

Langkah Google Adsense ini merupakan cara melindungi pengiklan dan penayang iklan. Bukan apa - apa. Memang tidak sedikit kasus penyalahgunaan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Misal menampilkan iklan dengan menggunakan ID Penayangan orang lain.

Alhasil kasus seperti bomb klik pernah marak. Yang rugi bukan hanya penayang iklan, tapi juga pengiklan karena membayar untuk sesuatu yang bodong. Pengiklan mau mengeluarkan duitnya karena mengejar pasar tertentu, kalau disalahgunakan begitu, pastinya rugi. Google ikut pula disalahkan.

Setelah diinisiasi oleh Interactive Advertising Bureau (IAB), guna meningkatkan transparansi dalam program periklanan, Google akhirnya ikut menerapkan ads.txt ini. Ads bukan kepanjangan dari Adsense, tapi ads disini kepanjangan dari Authorized Digital Sellers atau Penjual Digital Resmi.

Untuk mempromosikan dan meningkatkan transparansi dalam periklanan program. Ini adalah cara mudah bagi penayang Adsense untuk menunjukkan dengan jelas kepada pembeli yang diberi wewenang untuk menjual inventaris mereka.

Dengan memasang atau mengaktifkan ads.txt kita memastikan kepada pengiklan bahwa website atau blog kita merupakan mitra resmi. Sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk memasang iklannya. Atau dalam Google Adsense, mereka bebas membuka lelang ke website kita.

Sebenarnya untuk Blogger Ads.txt sudah ada sebelumnya namun sekarang sobat bisa mengedit Ads.txt sesuai keinginan dan bagi sobat yang mendapatkan pesan peringatan seperti ini.

Penghasilan Anda berisiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.

Jika mendapat pemberitahuan seperti tulisan di atas, maka bersegeralah mengaktifkannya. Karena dampaknya memang fatal. Jika terlambat mengaktifkan, perlu 24 jam lagi baru iklan akan tayang setelah diaktifkan kemudian.


Di dasbor Google Adsense , Google sangat menyarankan sobat untuk mengaktifkan Ads.txt di blog.

Bagaimana Cara untuk Mengaktifkan Ads.txt di Blogger ?

Untuk mengaktifkan Ads.txt di Blogger, sobat bisa mengaturnya di Dasbor Blogger > Setelan > Preferensi penelusuran > Monetisasi > ads.txt kustom > Kemudian klik edit pilih Ya dan isi kode berikut di kolom ads.txt

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Note*: Ganti dengan pub-0000000000000000
ID Adsense sobat kemudian klik Simpan perubahan.

ID Adsense bisa di dapatkan di dasbor Google Adsense sobat seperti contoh di bawah ini

Kode tersebut merupakan informasi tiga data yang penting. Field pertama, Google.com adalah nama domian untuk sistem periklanan. Karena penyedia jasa Adsense dibuat oleh Google maka hal ini diletakkan paling awal.

Field kedua ID akun penayangan. Karena bicaranya Adsense, maka ID Penayangan Adsense yang dimasukkan. Nomornya harus sama persis dengan yang tertera di dashboard Adsense milik kalian. Kalau punya saluran lain seperti DoubleClick for Publishers atau Ad Exchange, silahkan masukan masing-masing.

Field ketiga format kerjasamanya. Atau hubungan dengan ID akun tersebut. Ada dua jenis yang bisa digunakan, 'DIRECT' dan 'RESELLER'. Direct khusus untuk penayang iklan yang bekerjasama dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense.

Memasukkan Direct berarti menjalin kerjasama langsung tanpa kontrol penuh untuk iklan yang ditayangkan. Sedangkan memasukkan Reseller sebaliknya. Kita bisa mengontrol iklan dan memberikan akses ke pihak ketiga yang hendak memasang iklan. Layanan DFP dan Ad Exchange lebih tepat untuk ini.

Sedangkan field terakhir merupakan ID otoritas sertifikasi. Jika ketiga field di atas sifatnya wajib, untuk ID otoritas ini optional, alias bisa tidak digunakan. Namun sebaiknya tetap diterapkan. Karena kombinasi huruf angka di bagian akhir itu merupakan Trustworthy Accountability Group (TAG) milik Google.


Untuk mengecek apakah Ads.txt sudah aktif, sobat bisa cek di tab pencarian browser dengan link seperti ini

http://www.nama_domain.com/ads.txt

Ganti nama_domain dengan alamat blog sobat.

Bagi sobat yang memiliki blog dengan sub domain dari domain utama, sobat tidak perlu mengaktifkan Ads.txt ini. Cukup hanya di blog dengan domain utama saja yang diaktifkan.

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Cara Mengaktifkan Ads.txt  yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Ads.txt "

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi