"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

RAHASIA KONSISTEN MENULIS DI BLOG


Perlu kita pahami bersama bahwa seseorang yang cuman bisa membuat blog saja sebenarnya belum tentu dia bisa langsung dikatakan sebagai seorang blogger. Kenapa? Karna arti dan makna seorang blogger sesungguhnya itu belum bisa dirasakan jika hanya masih sebatas disitu saja. Lalu gimana? Menulis lah!!

Seseorang baru bisa diakui menjadi blogger jika dirinya memang sudah bisa komitmen untuk mau menulis dan tetap menulis secara KONSISTEN. 😊

Saya rasa untuk setiap kita yang baru mau memulai ngeblog atau yang mungkin juga sudah menjadi seorang blogger, pasti pernah mengalami masalah dengan yang namanya MENULIS. Iya kan?

Bagaimana caranya agar kita bisa konsisten menulis di blog? Kenapa saya masih sulit untuk menulis? Iyaa, saya sendiri pun juga pernah merasakan itu. Nah, mungkin tips berikut ini bisa menjadi solusi dan bermanfaat buat kita bersama. 😀

  • TIPS AGAR TETAP KONSISTEN MENULIS DI BLOG
Teknik rahasia ini saya sebut dengan istilah NEWS, yaitu niat, ide, waktu dan sahabat. Berikut penjelasannya :

1. NIAT
  • Apa yang ingin sahabat dapatkan lewat aktifitas ngeblog?
  • Apa yang ingin sahabat lakukan?

Semua itu bergantung pada niat kita masing-masing. Dan begitu pula dengan hasil atau proses yang akan kita rasakan nantinya, secara tidak langsung juga sangat terpengaruh dari niat ini. Bisa dikatakan NIAT adalah pondasi dasar bagi seorang blogger agar bisa tetap terus konsisten sampai kapanpun.

Agar kita bisa terus semangat menulis juga ditentukan dari point yang paling utama ini. Coba perhatikan sudah begitu banyak kan diluar sana orang yang ingin jadi blogger memang pada awalnya sangat semangat, namun toh pada akhirnya bisa juga berguguran dan kehilangan semangat untuk menjalankan aktifitas blogging ini. Apa penyebabnya? Jelas itu hanya dikarenakan niat merekalah yang masih salah. Silahkan coba tanyakan saja ke diri kita masing-masing.

  • Sudah benarkah niat saya?
  • Seberapa kuat niat saya ini bisa bertahan?

SARAN: Lebih baik pasanglah niat sedari awal untuk IBADAH! Insya Allah pasti jalan akan selalu dimudahkan.

Contoh, menulis di blog karna ingin berdakwah, ingin berbagi manfaat, ingin berbagi pelajaran, berbagi pengetahuan, berbagi ilmu dsb. Saya rasa yang seperti ini akan jauh lebih bertahan lama, ketimbang yang hanya sekedar ikut-ikutan saja atau hanya cuman pengen bisa cepet dapetin penghasilan dari dunia online. Tidak ada kata terlambat jika saat ini kita merasa sudah salah jalur, kalau kita memang tahu ada niat yang lebih baik iyaa tinggal berbenah diri saja.

2. IDE
Jika kita sudah punya niat yang tepat dan kuat, hal selanjutnya yang perlu kita jaga adalah IDE. Sebenarnya ini sudah memang harus kita rencanakan sejak awal.

  • Mau kemana blog ini kita bawa?
  • Apa yang akan kita isi di blog ini?
  • Apa-apa saja yang bisa dijadikan sebagai sumber?

Itu semua kembali lagi bergantung pada diri kita sendiri. Jangan coba-coba untuk sekedar mengikuti orang lain. Cukup kenali kemampuan yang kita miliki, rasanya itu sudah cukup untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Walaupun terkadang tidak salah jika kita mencari inspirasi dari orang lain, tapi tetap saja kita perlu bekal yang banyak dari dalam diri kita sendiri.

Mencari ide itu tidak sulit, karna yang namanya ide itu sudah ada disekeliling kita. Hanya saja terkadang kita lah yang terlalu memilih-milih atau terlalu banyak perhitungan. Padahal jika kita memang cermat, apapun yang kita alami di hari ini bisa menjadi sumber untuk dijadikan sebuah tulisan.

Kuncinya, kita hanya perlu membuka diri untuk terus mau belajar dan belajar agar setiap harinya selalu ada ilmu baru yang bisa kita bagikan. Kalau kita hanya diam dan menunggu, pantas saja otak kita pun bakalan jadi beku dan buntu!

SARAN: Buatlah sebuah konsep tulisan yang ingin dibangun lewat blog kita. Tidak harus ber-niche sebenarnya. Asal kita tahu batasan-batasan mana saja yang memang pantas untuk kita cantumkan di blog yang ingin kita bangun, rasanya itu sudah cukup. Teruslah belajar dari apapun, kapanpun dan dimanapun. Yakinlah nantinya ide itu akan sangat mudah untuk kita dapatkan. Walaupun sangat sederhana sekalipun belum tentu itu tidak bermanfaat, mungkin bagi kita tidak ada artinya tapi bagi orang lain kan belum tentu. Ingat, kita juga tidak perlu takut salah! Yang penting niatnya untuk belajar, kalau salah iyaa tinggal koreksi dan perbaiki.

Kalau NIAT itu ibaratkan VISI, maka IDE adalah misi. Ciptakanlah misi sahabat masing-masing. Disaat kita bingung menentukan misi selanjutnya, cukup renungkan kembali apa visi kita diawal!

3. WAKTU
Sekalipun kita sudah punya banyak ide tapi kalau kita masih belum ada waktu, maka sama saja bohong! Tetap aja tidak akan ada tulisan yang bisa kita terbitkan. Untuk itu dibutuhkan suatu KOMITMEN yang kuat didalam diri kita masing-masing. Kita tidak bisa memaksakan waktu, karna akan jauh lebih baik jika kita bisa bersahabat dengan waktu. Caranya?

  • Cobalah untuk menemukan sisi nyaman ketika kita melakukan aktifitas blogging.
  • Buatlah blog kita seolah-olah seperti layaknya rumah kita di dunia online.
  • Buat diri kita agar selalu merasa senang setiap saat.

Jangan pernah menganggap untuk bisa menulis konsisten itu sebagai suatu hal yang sulit. Nikmati saja, maka pasti nanti lama kelamaan kita juga akan terbiasa dan ide pun tentu akan semakin deras pula mengalir. Makanya, kalau kita sudah benar-benar asyik dengan aktifitas ini tentu waktu bukan lagi menjadi suatu halangan yang berarti.

Setidaknya setiap hari pasti akan ada muncul rasa rindu jika kita tidak bertatap muka dengan rumah online kesayangan kita. Jika ini berhasil, nanti ketika sesibuk-sibuknya kita di dunia nyata, pasti akan tetap ada rasa seperti bergejolak mengajak kita untuk mau menyempatkan diri mampir melihat blog kita tersebut.

Percaya tidak percaya waktu itu sifatnya sangat relatif. Kita bisa saja merasa waktu berputar sangat cepat disaat kita sedang banyak melakukan aktifitas. Dan sebaliknya bisa terasa sangat lama jika kita tidak melakukan apa-apa. Maka, untuk mengalahkan level ini cukup mudah sebenarnya.

Jadikanlah aktifitas blogging ini sebagai suatu hal yang menyenangkan dan anggap saja bahwa menulis itu memang merupakan suatu bagian dari kegiatan yang harus kita kerjakan sehari-hari.

4. SAHABAT
Point yang terakhir ini juga sangat penting dan cukup berkaitan dengan point WAKTU. Jika kita sudah bisa nyaman dengan blog milik kita dan bisa menyesuaikan waktu dengan sangat baik, belum tentu kita bisa berhasil konsisten menulis di blog. Tetap saja masih ada kemungkinan suatu saat semangat kita akan kendur atau melemah. Kenapa? Karna kita masih berjuang sendirian!

Apapun di dunia ini kalau dikerjakan dengan sendiri tidak akan terasa menyenangkan. Setidaknya kita pasti butuh seseorang bukan? Sudah menjadi hakikatnya memang bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Maka, untuk bisa menjadi blogger yang konsisten kita juga membutuhkan interaksi ke sesama blogger lainnya. Kita butuh dukungan, kita butuh pendapat, kita butuh saran. Dan tentu tidak akan ada gunanya juga suatu blog, jika tanpa adanya pengunjung setia yang akan selalu siap untuk mampir di rumah online kita tersebut.

Makanya kita pun perlu menjalin persahabatan dan terus melakukan interaksi di blog-blog lain. Akan lebih baik jika kita masuk dan bergabung di suatu komunitas sesama blogger. Tentu ini nantinya akan menjadi semacam benteng pertahanan yang sangat baik untuk menjaga semangat ngeblog kita. Secara tidak langsung kita akan lebih merasakan bahwa aktifitas blogging itu sebenarnya memang sangat menyenangkan, apalagi disaat kita bisa berbaur dengan blogger-blogger lain.

Ingat, bahwa setiap manusia sudah pasti akan merasa lebih nyaman, jika bisa berada dengan orang-orang yang satu pemikiran dengannya. Ibaratkan WAKTU itu adalah berupa point eksekutif (pelaksana) maka perannya adalah untuk mendukung kita agar bisa menulis konsisten. Sedangkan SAHABAT ini bisa dikatakan sebagai legislatif-nya (pengawas) yang tentu bisa berperan untuk menjaga konsistensi kita agar tetap semangat menulis.

Saya rasa jika kita bisa terus menerapkan keempat hal tersebut saja, sudah cukuplah menjadi modal dasar bagi kita untuk bisa terus melangkah menjadi seorang blogger yang sesungguhnya (profesional).

Bagaimanapun seorang blogger memang sudah wajib untuk bisa terus aktif menulis di blognya masing-masing. Memang ini bukan hal yang gampang. Tapi jika kita mau bersungguh-sungguh untuk memulainya, barangkali batu saja bisa berlubang jika terus-terusan ditetesi oleh air hujan. Kenapa kita masih mengeluh dan beranggapan masih belum bisa menulis konsisten di blog?

Sudahlah mulai saja! Kemudian cukup pertahankan irama langkah kita perlahan-lahan. Jangan berharap untuk bisa langsung berlari kencang. Berusahalah untuk bisa berjalan stabil dan terarah hingga sampai ke tujuan. Itu lebih baik ketimbang mencoba berlari-lari tanpa arah dan terjatuh dipertengahan jalan.

Cara Menulis Konsisten di Blog ini hanya bersifat umum saja sebenarnya. Anggaplah ini sebagai bekal. Selanjutnya tinggal kita sendiri lah yang menentukan bagaimana cara yang terbaik untuk diri kita masing-masing.

Saya yakin setiap orang memiliki pola yang berbeda untuk mencapai suatu tujuan. Maka, sahabat juga harus bisa membuat jalan sendiri. Ayoo Semangat!!!

Demikianlah postingan tentang RAHASIA KONSISTEN MENULIS DI BLOG yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

0 Response to "RAHASIA KONSISTEN MENULIS DI BLOG"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel