Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogger VS Youtuber

Daftar isi [Tampil]

Pilih Mana Jadi Blogger atau Youtuber?

Sekarang ini dengan majunya teknologi hampir setiap orang telah memanfaatkan internet sebagai media usaha untuk mendapatkan uang dari internet, baik menjadi seorang internet marketer,blogger, youtuber, dan menjalankan usaha online lainnya.

Namun umumnya media yang banyak dikenal dan digunakan oleh orang-orang ketika menjalani usaha online atau mendapatkan uang dari internet adalah dengan membuat atau pmemiliki blog dan kanal youtube.

Hal ini sebagaimana youtube dan blog dimanfaatkan sebagai media yang digunakan untuk memperkenalkan karya, produk, dan jasa yang mereka tawarkan.

Youtuber misalnya, mereka membuat dan berkarya melalui media audio visual dengan memanfaatkan youtube sebagai media mereka untuk membagikan karya-karyanya kepada banyak orang.

Karya-karya tersebut biasanya berisi berbagai macam informasi produk yang sengaja mereka iklankan (endorse) dan dikemas dalam bentuk yang menarik dengan memuat unsur komedi, edukatif, promosi, dll.

Ada pula yang menyajikan video-video edukatif, parodi, komedi, musik atau music cover, video tutorial, dll.

Karya-karya yang dikemas dalam bentuk video tersebut nantinya akan menjadi sumber pendapatan mereka melalui iklan google adsense yang mereka monetisasi pada video yang mereka unggah di youtube selain endorse.

Sementara seorang blogger memiliki cara lain untuk memperoleh uang dari internet.

Mereka umumnya akan menulis berbagai artikel dan berbagai topik sama halnya dengan seorang youtuber tetapi bedanya adalah blogger menyajikan konten berbasis teks dan gambar sementara youtuber berbasis multimedia.

Tulisan-tulisan yang dibuat oleh mereka umumnya berisi materi-materi edukatif seperti tutorial, artikel, tips, serta informasi bermanfaat lainnya yang dikemas dalam artikel yang dipublikasikan di dalam blog atau website mereka.

Cara mendapatkan uang untuk seorang blogger masih sama seperti proses mendulang uang para youtuber, hal ini hanya terdapat pada penyebutan istilah saja.

Baca juga : menghasilkan uang di internet dengan Shortlink atau pemendek URL

Jika youtuber ada yang mendapatkan uang melalui endorse atau mengiklankan produk orang lain dalam videonya dengan dikemas menarik.

Maka bagi blogger hal seperti itu adalah dengan memasang banner iklan suatu produk tertentu dari brand atau orang yang menyewa jasa pengiklanan di blog mereka, atau dengan menulis review produk dalam bentuk artikel yang dibutuhkan pihak advertiser.

Istilah tersebut lebih dikenal dengan kerja sama content placement.

Selain cara tersebut bagi seorang blogger yang memiliki akun adsense full approve maka mereka akan memanfaatkan adsense sebagai pendapatan mereka.

Contoh video youtube
yang menayangkan iklan

Blogger yang memiliki akun adsense full approve akan lebih mudah memperoleh uang online tanpa harus ada pengiklan datang dan menyewa jasa mereka menayangkan banner iklan ke dalam blog yang mereka miliki.

Hal ini dikarenakan setiap artikel yang mereka publikasikan ke website atau blog mereka akan secara otomatis dipasangkan iklan adsense, iklan-iklan tersebutlah yang menjadi pendapatan mereka.

Jadi, bagi teman-teman yang menemukan iklan dalam video para youtuber dan artikel para blogger, sekiranya jangan merasa risih dengan iklan-iklan tersebut.

Sebab tanpa iklan-iklan tersebut seorang blogger dan youtuber tidak akan memiliki semangat untuk berkarya dan membagikan ilmu mereka kepada para pembaca atau para view-nya.

Oleh karena itu dukunglah para blogger dan youtuber tersebut dengan tidak menghidupkan adblock pada browser teman-teman yang menghalangi munculnya iklan di browser dan menghilangkan pendapatan para youtuber dan blogger.

Contoh iklan google adsense
Di blog atau website

Tulisan di atas, bukan untuk mengemis tetapi untuk mengajak pembaca dan pembuat konten saling berbagi.

Sobat telah menemukan informasi dari setiap artikel dan video yang sobat simak. Bahkan mungkin anda juga telah mendapatkan informasi bermanfaat dari artikel dan video yang anda simak.

Bukankah dengan membiarkan iklan muncul tanpa memblokir iklan dengan adblock browser akan menjadi interaksi yang saling menguntungkan?

Yap… Simbiosis mutualisme! So jadilah orang yang bertanggung jawab dan jangan jadi benalu.

Baca Juga: Video Pertama yang ada di YouTube

    Baiklah, sekarang setelah panjang lebar saya menjelaskan apa dan bagaimana youtuber dan blogger mendapatkan uang dengan sharing artikel dan video. Kini saatnya bagi teman-teman mungkin saja bertanya!

    Untuk mendapatkan uang dari internet saya harus memilih yang mana?

    Menjadi seorang BLOGGER atau YOUTUBER?

    Pertanyaan ini adalah sebuah pertanyaan yang menurut saya cukup sulit dijelaskan, karena saya tidak pandai menjawab pertanyaan atau memutuskan anda harus menjadi apa.

    Karena pilihan tersebut ada pada diri anda, dan saya di sini mungkin hanya bisa memberikan beberapa pendapat dan pandangan saya saja, sebagai saran yang akan anda terima atau dipikirkan kembali.

    Di atas tadi saya sudah menyebutkan bahwa menjadi blogger adalah kita menjadi seorang penulis konten di media blog baik itu blog personal maupun blog komunitas, bisnis, dll. Sementara menjadi youtuber kita harus membuat konten video.

    Baca Juga: Tips memajukan channel youtube

    Biasanya menjadi youtuber maka kita harus menjadi orang yang aktif berbicara di depan kamera atau bisa juga menjadi youtuber tanpa harus tampil di depan kamera, yaitu dengan membuat video-video tutorial, dan hal-hal lainnya yang tidak membutuhkan kamera.

    Kita hanya perlu merekam desktop komputer kita, dan merekam aktivitas kita dalam mengerjakan suatu karya yang kemudian dibagikan di channel youtube.

    Hanya saja, cara ini tidak akan membuat anda dikenal, terutama orang tidak akan pernah mengenal wajah anda.

    Lantas alasan apa yang harus anda miliki untuk menjadi seorang Youtuber atau Blogger?
    Menjadi seorang blogger anda hanya dituntut memiliki kemampuan menulis, konsisten tetap berusaha walau jatuh bangun. Sementara menjadi youtuber anda harus memiliki kemampuan sebagai berikut :

    Pertama

    Editing Video, dan Musik (Kalau anda punya kemampuan membuat musik! hal ini dikarenakan jika anda membuat video dengan menggunakan musik orang lain yang berhak cipta. Maka video anda tidak akan mendapatkan apa-apa) kecuali anda menggunakan musik yang tidak berlisensei atau free.

    Untuk tahap ini, jika anda memilki teman atau editor video, maka anda bisa lanjut pada saran ke dua...

    Kedua

    Selain kemampuan editing anda juga harus memilik kamera dengan microphone yang baik. Hal ini dikarenakan kualitas video dengan gambar dan audio yang baik akan sangat ramah dan mudah untuk disimak oleh viewer youtube anda nantinya.

    Ketiga

    Selain kedua hal di atas anda juga harus memiliki kepercaayan diri serta memiliki kemampuan berbicara (Speaking), terutama kepercayaan diri berbicara di depan umum.

    Hal ini dikarenakan berbicara di depan kamera sama halnya dengan berbicara di depan banyak orang. Sebab video yang anda buat nantinya akan ditonton oleh orang banyak.

    Keempat

    Ini berlaku untuk seorang blogger dan youtuber, bahwa setiap karya yang kita bagikan nantinya, pasti akan ada orang yang menyukainya dan orang yang tidak menyukainya.

    Orang-orang yang menyukai karya kita adalah fans sementara, yang tidak menyukai karya kita adalah hatters, oleh karena itu menjadi seorang blogger ataupun youtuber kita harus menyiapkan mental untuk dikritik dan untuk dikagumi dengan tidak serta mertah menjadi sombong dan angkuh.

    Kelima

    Ini adalah langkah terlahir yang yang menjadi saran saya kepada anda untuk memilih jadi youtuber atau blogger.

    Yakni pilihlah aktivitas yang paling atau sangat anda suka dan anda kuasai.

    Jika anda lebih menyukai menulis mungkin anda akan lebih baik menjadi blogger. Tetapi jika anda menyukai berbicara di depan kamera, sharing melalui video, berkarya melalui video. Mungkin anda lebih cocoknya menjadi seorang youtuber.

    Silakan anda memilih!

    Apabila anda ingin menjadi keduanya sekaligus, maka itu adalah pilihan anda.

    Baca Juga: Aplikasi - aplikasi Edit Video Vlog di Android dan Iphone Gratis

    Demikianlah postingan tentang Blogger VS Youtuber yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.
    C : http://suarankri.me/3VdI4Lr0JVy

    1 komentar untuk "Blogger VS Youtuber"

    1. It's going to be ending of mine day, however before end
      I am reading this great post to increase my experience.

      BalasHapus

    Tata Tertib Berkomentar :
    🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
    🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

    Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi