Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Allah Swt Untuk Mengawasi Manusia. Tausiyah Bab 10

Daftar isi [Tampil]

1. Pengawasan langsung.

” Dan, Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya ” ( QS. Qaaf :16)

Maka, masihkah kita ingin berbuat kemaksiatan terus menerus? tidak malukah kita ? padahal Allah swt mengawasi kita begitu dekatnya, tanpa lengah selama 24 jam penuh kapanpun dan dimanapun .

2. Pengawasan melalui malaikatNYA.

” Ketika dua malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk disebelah kanan dan seorang lagi disebelah kiri” (QS. Qaaf :17)

Kedua malaikat ini akan mencatat segala amal perbuatan kita yang baik maupun yang buruk, yang besar maupun yang kecil, tidak ada yang tertinggal. “Catatan itu kemudian dibukukan dan diserahkan pada kita di hari akhir nanti”(QS. Al_Kahfi:49) Jadi, masihkan kita berfikir, bahwa kita bisa menipu Allah swt dengan segala tingkah kita? Masihkah kita berharap untuk lolos dari pengawasan Sang Maha Segala ?

3. Pengawasan melalui diri kita sendiri.

” Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, dan berkatalah kepada Kami tangan mereka, dan kaki mereka memberikan kesaksian terhadap apa yang dulu mereka usahakan ” ( QS. Yaasin :65)

Disaat nanti ketika kita meninggal dunia, maka anggota tubuh kita seperti kaki dan tangan akan menjadi saksi bagi segala perbuatan kita selama hidup. Kita takkan memiliki kontrol terhadap anggota tubuh kita ini. Ketahuilah Saudaraku, kita takkan pernah bisa lepas dari pengawasan Allah swt , dimanapun dan kapanpun, apakah saat kita berbuat kebaikan maupun berbuat kemaksiatan, Allah swt selalu berada didekat kita.

Yakinlah, sekecil apapun perbuatan kita semasa hidup, kebaikan atau keburukan, ketaatan maupun kemaksiatan, akan dicatat dan dipertanyakan kelak oleh Allah swt di Hari Perhitugan kelak.

Wallahu’alam...

Posting Komentar untuk "3 Cara Allah Swt Untuk Mengawasi Manusia. Tausiyah Bab 10"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi