Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membahas Seputar email Lengkap dengan Sejarah email

Daftar isi [Tampil]

PENGERTIAN EMAIL

Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet. Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.

Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat baik dalam bentuk file tulisan ataupun file gambar ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat. Kita bisa membuat email lebih dari satu akun di google email (gmail). 

Gmail adalah kependekan dari Google email. Gmail/Google email adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis.

Sejarah email

Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional. Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser

Manfaat email/Kegunaan Google email/gmail

1. Media Komunikasi

Gmail dapat dipergunakan sebagai media komunikasi baik secara personal atau umum (komunitas).

2. Media Pengiriman

Dengan menggunakan Gmail kita bisa mengirimkan data ke banyak orang diseluruh dunia hanya dalam hitungan menit bahkan detik.

3. Efektif, Efisien dan Murah

Kita tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat Gmail kita, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

4. Media Promosi

Gmail dapat dipergunakan untuk mengirimkan promosi produk ke para pelanggan kita dengan memanfaatkan daftar email pelanggan yang ada.

5. Media Informasi

Melalui Gmail, kita bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang kita inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang kita tentukan.

6. Membuat Blog atau Website

Dengan Gmail kita bisa membuat blog dan website gratisan.

7. Sosial Media

Dengan Gmail, kita bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan Gmail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain.

8. Mendaftar Google Adsense.

Kita bisa mendaftar Google Adsense dengan menggunakan Email, tapi selain itu juga kamu harus memiliki akun Youtube ataupun akun Blogger.com


cara Membuat Gmail di komputer dengan mudah

Salah satu platform email yang ada di internet dan yang paling banyak digunakan adalah Gmail, Memiliki berbagai fungsinya, tidak heran orang berlomba - lomba mempunyai akun email memang sudah menjadi salah satu kewajiban untuk setiap orang di zaman sekarang ini, apalagi bagi orang-orang yang selalu bersentuhan dengan internet.

Membuat akun Gmail baru itu tidak sesulit yang kamu bayangkan, kamu hanya perlu mengikuti
cara membuatnya, dengan membaca tutorialnya di artikel blog bangrizkyw.com untuk diterapkan biar membuatnya menjadi mudah. 

Berikut ini cara membuat akun Gmail baru lewat laptop atau komputer:


2. Untuk Bahasa Indonesia, geser kursor sampai ke ujung paling bawah disebelah kiri


3. Klik BUAT AKUN di pojok kanan atas form login

4. Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda.
  • Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
  • Pilih nama pengguna anda: Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
  • Buat sandi: Isi dengan password yang anda ingikan.
  • Konfirmasi sandi anda: Masukkan ulang password anda.
  • Kemudian klik tombol BERIKUTNYA



5. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini:
  • Nomor telepon: Isikan dengan nomor telepon anda (opsional - boleh di isi boleh dikosongkan).
  • Alamat email pemulihan : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongkan.
  • Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal, bulan dan tahun lahir anda.
  • Gender: Pilih jenis kelamin anda.
  • Setelah selesai klik tombol BERIKUTNYA.


6. Kemudian akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan, silahkan geser ke bawah dan pilih SAYA SETUJU


7. Sampai disini kita sudah berhasil membuat akun di gmail


8. Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik BERIKUTNYA

9. Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail.

Sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh produk google gmail ini.


Cara bikin Gmail android dengan mudah dan simple

Kali ini saya bagikan informasi mengenai Cara bikin Gmail di HP android dengan mudah dengan menggunakan Salah satu platform email yang ada di internet dan yang paling banyak digunakan adalah Gmail, Memiliki berbagai fungsinya, tidak heran orang berlomba - lomba mempunyai akun email memang sudah menjadi salah satu kewajiban untuk setiap orang di zaman sekarang ini, apalagi bagi orang-orang yang selalu bersentuhan dengan internet.

Membuat akun Gmail baru itu tidak sesulit yang kamu bayangkan, kamu hanya perlu mengikuti
cara membuatnya, dengan membaca tutorialnya di artikel blog Bangrizkyw.com untuk diterapkan biar membuatnya menjadi mudah. 

Berikut ini cara tutorial proses pendaftaran akun gmail baru dihp Android yang begitu mudah dan simple :


1. Buka Gmail


Tidak perlu download aplikasinya untuk bikin email baru, karena dihp Android kalian sudah ada aplikasi Gmail dan kalian tinggal membukanya langsung.

2. Klik foto profil


Ketika kalian bertanya tentang bagaimana cara membuat akun baru? bagaimana cara daftar email lewat hp? Maka setelah masuk di gmail adalah mengklik ikon foto profil seperti gambar diatas saja.

3. Tambahkan akun lainnya


Setelah itu kalian bisa melanjutkan proses buat akun baru di hp ini dengan scroll halaman tersebut dan klik pilihan tambahkan akun lainya cuy.

4. Pilih Google



Tentu saja untuk buat email baru di hp ini kalian harus memilih Google, karena memang kalian ingin buat akun gmail Google baru lewat hp.

5. Pilih buat akun


Langkah selanjutnya untuk cara bikin akun ataupun cara membuat email baru di hp ini kalian bisa memilih pilihan buat akun seperti gambar diatas aja cuy.

6. Untuk diri sendiri


Jika tujuan kalian buat email cepat dari hp ini untuk diri sendiri maka silahkan pilih diri sendiri, dan jika untuk mewakili perusahaan bisa memilih untuk mengelola bisnis saya.

7. Masukan nama


Langkah selanjutnya kini kalian akan mulai mengisi email di hp ini, dan pada tahap ini silahkan isikan nama depan dan juga nama belakang sesuai nama asli dan jika sudah silahkan klik berikutnya saja cuy.

8. Tanggal lahir



Pada tahap ini kalian bisa mengisi informasi dasar lainnya seperti tanggal, bulan dan tahun lahir. Selanjutnya pilih juga jenis kelamin untuk informasi alamat email kalian, dan jika semuanya sudah diisi maka kalian bisa klik berikutnya.

9. Pilih alamat Gmail


Silahkan pilih alamat Gmail yang nantinya dapat kalian gunakan untuk login akun Gmail baru tersebut dan untuk menerima pesan. Jadi pilih yang sesuai ataupun kalian bisa membuat alamat kustom dengan memilih buat alamat email Anda sendiri. Dan jika sudah kalian bisa klik tombol berikutnya.

10. Buat sandi yang rumit


Meskipun kalian ingin cepat buat emailnya, tapi kalian juga harus memperhatikan membuat kata sandi baru yang rumit. Ini berguna untuk menghindari orang iseng yang ingin masuk email kalian, namun jangan lupa untuk mencatatnya supaya tidak lupa kata sandi email tersebut.

11. Saya ikut

Pada langkah selanjutnya ini kalian bisa klik lewati atau klik tombol ya saya ikut.

12. Klik berikutnya



Pada tahap ini kalian bisa meninjau alamat email kalian, alamat tersebut yang akan kalian gunakan untuk Login Gmail. Jika sudah silahkan klik saja berikutnya saja cuy.

13. Baca Persyaratan

Pada tahap selanjutnya proses buat akun Google ini kalian diminta untuk membaca persyaratanya, silahkan kalian baca terlebih dahulu supaya paham dan silahkan klik saya setuju.

14.. Email Gmail berhasil dibuat


Cara mendaftar email ini memang mudah di mengertikan cuy sehingga buat kalian yang ingin mendaftar akun gmail bisa mempelajari dan mempraktekan dengan mudah cuy metode ini. Dan lebih tepatnya ini adalah cara membuat email baru di hp yang sudah ada emailnya, atau dengan kata lain menambahkan akun baru pada aplikasi Gmail. yang harus kamu tau! di beberapa negara. google membuat peraturan si pembuat gmail harus sudah dewasa. Dan jika kalian mendaftar akun Google namun dinonaktifkan karena masalah usia, kalian masih bisa memperbaruinya selama 14 hari.

Dan jika memang kalian belum cukup umur dan tetap ingin buat email baru lewat hp maupun laptop, maka kalian bisa meminta orang tua untuk membuatkan akun Google khusus anak yang dikelola dalam family link.

Selanjutnya ketika kalian ingin membuat Gmail baru, maka kalian pun harus mengerti tentang kebijakan program Gmail itu sendiri. Kebijakan mengenai Gmail tersebut yang harus kalian pahami sebelum buat akun Gmail baru mencakup Aktivitas Ilegal, Pelecehan, Hak cipta, Keselamatan Anak-Anak, Penipuan, Phishing, dan Praktik Penipuan lainnya, Perangkat lunak perusak, Pembuatan dan Penggunaan Banyak Akun Gmail, Spam dan Email Massal, Akun Yang Tidak Aktif, dan Laporkan penyalahgunaan (semua informasi tersebut bisa kalian baca di https://www.google.com/gmail/about/policy/.

Proses membuat akun Google baru telah selesai, ini juga menandakan akun kalian telah aktif dan bisa digunakan untuk mengirim ataupun menerima pesan dan juga untuk mendaftar akun media sosial. Bagaimana cara membuka email saya? Ini pastinya adalah pertanyaan kalian setelah mengikuti tutorial ini.

Karena memang setelah berhasil buat email ataupun membuat 2 akun Gmail di Android kalian akan dikembalikan pada akun email yang sebelumnya, dan untuk cek akun Google baru tersebut kalian tidak perlu login akun Google lagi.

Maka dari itu untuk masuk ke akun Google baru tersebut di Android, kalian bisa klik foto profil seperti tadi dan pilih email yang baru saja dibuat (langkah ini juga disebut dengan cara beralih akun Google/Gmail). Dan diatas sudah mimin jelaskan pengertian langkah-langkah membuat email, namun jika kalian mangalami masalah pasti akan bertanya kenapa susah membuat akun Google?

Baca juga: Cara Membuat Akun Gmail Tanpa Verifikasi

Sebenarnya membuat email di hp itu sangatlah gampang jika kalian telah mengikuti petunjuk ini dan memahami segala persyaratanya. Jadi pastikan kalian tidak melanggar ketentuan tersebut dan juga perhatikan jaringan kalian sebelum daftar email lewat hp Android.

Oh ya min bolehkah memiliki alamat email lebih dari satu? Boleh kok gan seperti email saya yang memang untuk keperluan yang berbeda-beda sehingga saat ini juga memiliki beberapa akun dalam 1 handphone atau smartphone. 

Posting Komentar untuk "Membahas Seputar email Lengkap dengan Sejarah email"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi