"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

MENJADI SEORANG PENULIS


Saya adalah seorang blogger. Jika kalian bertanya kepada saya, kenapa saya mau menjadi blogger. Tentu alasannya tidak cuma satu. Karna dari blogger saya bisa belajar banyak hal. Yang jelas kegiatan blogger bisa mengasah kreatifitas saya.

Seorang blogger itu harus kreatif memang. Bagaimana membuat konsep sebuah blog yang menarik. Bagaimana menghidangkan konten yang berkualitas. Bagaimana menghias tampilan blog agar terlihat bagus.

Terlepas dari berbagai macam hal yang bisa saya pelajari dari aktifitas blogger. Yang paling utama tentu adalah keahlian untuk menjadi seorang penulis. Walaupun rasanya setiap orang pun tentu bisa menulis.

Tapi menulis disini bukan sembarang menulis. Iya, menjadi seorang penulis yang beneran. Seperti penulis buku misalnya. Seorang blogger juga seharusnya bisa memiliki keterampilan yang sama. Karna blog juga adalah media baca yang sama seperti halnya buku. Iya kan?

APAKAH SAYA LAYAK MENJADI SEORANG PENULIS?

Pertanyaan ini kemarin sempat terbesit dalam pikiran saya. Sebenarnya saya ini bisa tidak menjadi seorang penulis? Entahlah. Melihat tulisan-tulisan saya di blog saja, rasanya belum benar-benar powerfull.

Entah gimana rasanya ketika Anda membaca tulisan saya. Pastinya saya tidak tahu kan? Bisa saja ada yang merasa kurang paham, bisa saja ada yang cepat merasa bosan. Atau bisa saja tulisan saya kurang menarik bagi kalian.

Masalah pertama yang seringkali muncul bagi seorang pemula adalah kurangnya PERCAYA DIRI. Belum lagi jika melihat beberapa teman-teman lain yang ternyata sudah ahli dalam hal tulis-menulis. Tak heran kita pun jadinya minder. Melihat kemampuan mereka yang dapat menghidangkan sebuah artikel dengan mudahnya.

Terkadang bisa sangat cepat. Lah, saya nulis satu konten artikel saja mungkin bisa memakan waktu berjam - jam. Mudah - mudahan saja kedepan Anda dan saya bisa terus meningkatkan efisiensi waktu dalam menulis. Siiip?

PANTASKAH DIKATAKAN SEBAGAI PENULIS?

Saya juga belum paham betul indikasi seorang layak dikatakan penulis. Soalnya sampai saat ini pun belum ada yang mau memberikan penilaian tentang tulisan-tulisan saya. Punya buku juga belum, sob!

Saat ini saya masih hanya berkarya lewat tulisan-tulisan di blog saja. Yang saya tahu, seorang penulis biasanya sudah lihai dalam menuangkan isi pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Kesannya bagi pembaca, seperti mengalir gitu ceritanya. Jadinya tentu tulisan tersebut enak dibaca. Renyah dan gurih lah rasanya. Sampe-sampe bisa saja kita menjadi merasa ketagihan.

Saya pernah ngalamin seperti itu. Membaca tulisan yang panjang pun rasanya gak bosan. Seperti itulah kalau tulisan tersebut berasal dari tangan penulis yang handal.

Berikut beberapa point yang bisa saya rangkum. Menurut saya ini PENTING dan harus dilatih agar kita bisa menjadi seorang penulis :

1. Menguasai Ilmu Tata Bahasa yang baik sesuai EYD

Ini sangat penting bukan? Dengan ilmu ini diharapkan makna dari tulisan kita itu bisa jelas untuk dibaca. Walaupun bisa saja kamu minta bantuan Editor.

2. Memiliki wawasan informasi yang luas

Bagaimana kita mau menulis sementara ide saja masih terbatas. Makanya penulis juga harus rajin membaca. Gak mungkin lah kamu jadi penulis tapi isinya COPAS 😀

3. Mampu mengetik cepat dengan 10 jari! Bukan 11 yaa

Yang ini gak bisa pakek alasan! Masak iya kamu mau nulis tangan di zaman teknologi sekarang ini?

4. Menulis seperti layaknya berbicara

Point inilah yang akan membuat tulisan kita enak dibaca. Isinya tidak kaku dan njelimet. Jadinya samalah seperti ketika kita mendengarkan cerita dari orang lain.

5. Mampu mengemas tulisan dengan format menarik

Layaknya makanan kalau bungkusannya saja udah jelek orang pun ragu melihat isinya kan? Tanpa ada format penulisan, jadinya tulisan kamu itu seperti text polos yang rata semua bentuk susunannya.

Okay, saya rasa kelima point di atas sudah cukup mewakili hal-hal penting yang harus dipelajari bagi penulis yang masih dalam tahap belajar (pemula).

Tentu masih ada banyak hal lain lagi. Tapi saya rasa sekiranya kita sudah mulai, nanti kan bisa dilatih sendiri sambil berjalan. Intinya, kita harus banyak praktek dulu. Sembari kita praktek juga harus sambil belajar. Dan.. belajar itu gak akan ada habis-habisnya. Setuju? 😀 Kalau setuju, saya minta sekarang Anda praktek dulu gih sana!

Demikianlah postingan tentang MENJADI SEORANG PENULIS yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

0 Response to "MENJADI SEORANG PENULIS"

Post a comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel