Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

penjelasan serta Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Bisnis Offline

Daftar isi [Tampil]

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.

Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Ada dua jenis bisnis yang bisa anda jalankan diantaranya adalah bisnis online dan bisnis offline.

Berikut adalah penjelasan serta Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Bisnis Offline Semoga penjelasan di bawah ini dapat menambah wawasan anda

Bisnis online

Bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya. Sekalipun anda hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.

Seiring dengan perkembangan bisnis online, maka banyak orang yang memilih bisnis ini bukan hanya sebagai bisnis sampingan, tetapi banyak orang yang memanfaatkan bisnis online sebagai bisnis utama.

Sebagai hasilnya, bisnis online sejauh ini telah mencetak ribuan pebisnis yang sukses dan berhasil.

Kata ‘bisnis online’ terdiri atas dua kosa kata, yakni bisnis dan online. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘bisnis’ memiliki artian suatu usaha komersial dalam dunia perdagangan, bidang usaha atau juga usaha dagang.

Sedangkan kata ‘online’ dalam Merriam-Webster Dictionary memiliki pengertian suatu kinerja yang terhubung, tersedia ataupun dilayani suatu sistem menggunakan komputer atau sistem telekomunikasi, seperti internet, maupun database online.

Pengertian bisnis online secara sederhana ialah suatu usaha dagang atau jual beli, dimana pembeli dan penjual bertemu dalam media yakni dunia maya atau internet untuk melakukan kegiatan jual beli barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Bisnis online ini juga dapat dikategorikan dalam jual beli tidak langsung karena pihak penjual dan pembeli tidak bertatap muka secara langsung dan melakukan tawar-menawar. Bisnis online kian digemari masyarakat

Beberapa kelebihan bisnis online diantaranya :
  • Barang atau jasa yang dapat dipasarkan ke seluruh wilayah tanpa terbatas ruang, misalnya warga Jakarta yang ingin memasarkan masakannya ke bisnis online dan mendapat konsumen seorang warga Indonesia yang tinggal di Australia.
  • Cakupan pemasaran yang luas, tidak berbatas pada lingkungan sekitar. Misalnya Anda berada di Kalimantan Barat, maka Anda dapat memasarkan barang atau jasa Anda hingga seluruh Indonesia melalui bisnis online tersebut.
  • Tidak memerlukan modal besar karena hanya dengan jaringan internet dan smartphone atau laptop maka Anda dapat melakukan bisnis online dengan nyaman dan aman meskipun berada di rumah sekalipun.
  • Jam kerja yang sangat fleksibel karena segala kegiatan bisnis online akan Anda handle sendiri (apabila Anda masih pemula) dan dapat menyesuaikan waktu yang Anda miliki. Selain itu, Anda tidak perlu ruang kerja khusus dan dapat melakukan bisnis online dimana saja selama terdapat jaringan internet.
  • Apabila Anda seorang konsumen bisnis online, maka barang yang Anda pesan akan sampai dengan aman dan baik karena dibungkus dengan sangat rapi dan meminimalisir kerusakan barang saat sampai di tempat tujuan.
  • Tidak perlu stok barang yang banyak karena dapat Anda sesuaikan sejalan dengan jumlah pesanan konsumen. Dalam bisnis online juga tersedia pilihan ‘pre-order’ dimana Anda akan menyediakan barang yang konsumen inginkan sesuai dengan jumlah permintaan yang datang sehingga peluang untuk rugi dapat diminimalisir.

Di sisi lain, bisnis online ini juga mempunyai beberapa kekurangan bagi konsumen karena kecurangan pihak penjual

Beberapa kekurangan Bisnis online diantaranya :
  • Barang yang sampai ke tangan konsumen tidak sesuai dengan yang dipesan atau barang yang diterima mengalami kecacatan yang tentu merugikan pihak konsumen.
  • Ada beberapa oknum yang memaanfaatkan bisnis online ini untuk mengeruk keuntungan dengan menipu pihak konsumen yang sudah tentu merugikan pihak konsumen tersebut.

Bisnis offline 

Bisnis offline atau bisnis konvensional ialah kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli secara langsung, yakni bertatap muka dan melakukan kegiatan tawar-menawar.

Beberapa kelebihan bisnis offline diantaranya :
  • Pihak pembeli juga dapat melihat dan menyentuh secara langsung barang yang ditawarkan, berbeda dengan bisnis online dimana pembeli hanya dapat melihat foto contoh barang yang ditawarkan.
  • Pihak penjual dalam bisnis offline memiliki tempat khusus untuk berjualan, seperti kios atau toko dimana pembeli dapat mengunjungi dan melakukan kegiatan jual beli secara langsung.
  • Para pembeli dalam bisnis offline dapat meminimalisir kecurangan dalam kegiatan jual beli dengan melihat secara langsung barang yang ditawarkan sehingga terhindar dari praktek penipuan atau kecurangan lainnya.
  • Pihak penjual memiliki stok barang yang berlebih dengan tujuan jika sewaktu-waktu permintaan yang datang melebih kuota awal yang mereka tawarkan sehingga setiap konsumen mendapatkan barang yang mereka inginkan. Contohnya seperti supermarket, hypermarket atapun department store di mall-mall.

Di sisi lain, bisnis offline ini juga mempunyai beberapa kekurangan, berikut saya jelaskan

Beberapa kekurangan Bisnis offline diantaranya :
  • cakupan wilayah pasar yang terbatas karena mobilisasi barang dagangan yang rendah sehingga penjual harus membuka suatu cabang apabila ingin melebarkan cakupan pasar.
  • Bisnis offline membutuhkan modal awal yang cukup besar meskipun dalam konnteks bisnis kecil dengan kebutuhan yang banyak, seperti sewa tempat berjualan, etalase-etalase untuk menampilkan barang yang ditawarkan, dan lain-lain.
  • Pihak penjual diharuskan memiliki stok yang banyak namun dapat menjadi kerugian apabila stok yang tersedia jauh lebih banyak daripada jumlah penawaran yang datang.

Semua jenis bisnis di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Semua bisnis dapat mendatangkan keuntungan selama pihak penjual dapat menarik minat pembeli secara stabil dengan barang atau jasa yang mereka miliki. Selain itu, kejujuran adalah landasan utama dalam kegiatan jual beli agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan.

Demikianlah postingan tentang penjelasan serta Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Bisnis Offline. yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

Posting Komentar untuk "penjelasan serta Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Bisnis Offline"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi