"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

TAHAPAN MEMULAI BISNIS


Memulai usaha bukan hanya di pikirkan saja namun juga dicatat dan dilaksanakan dengan tepat. Ada tahapan dimana anda harus benar - benar memperhatikan hal tersebut agar bisnis anda berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa tahapan tepat dalam menjalankan bisnis:

  • Mencari ide bisnis yang tepat
Ide bisnis tidak selamanya dari orang lain, anda bisa memanfaatkan hobi anda sendiri. Pilihlah hobi atau kesenangan yang dapat anda jadikan sebagai ide bisnis yang cocok dengan diri anda. Pikirkan apa saja yang anda kuasai dan mampu dikerjakan dengan baik. Kunci sukses pengusaha adalah menjalankan bisnis yang ia kuasai, agar dapat dengan mudah menjalankannya karena anda sudah mengetahui seluk - beluknya.

  • Gali informasi pada bisnis yang anda minati
Sebelum anda memulai bisnis, ada baiknya memahami karakteristik
usaha tersebut agar tidak menjadi korban orang jahat yang memanfaatkan ketidaktahuan Anda dalam menjalankan usaha tersebut.

  • Menyusun rencana bisnis
Bisnis harus direncanakan dengan tepat yang meliputi bagaimana kita
mengkonsep secara detil usaha anda, mulai dari struktur permodalan,
aspek-aspek teknis, dan manajemen pengelolaan usaha. Buatlah rencana tersebut dalam buku khusus dan susun langkah-langkahnya dengan sistematis. Jangan lupa untuk membuat target yang realistis, tidak terlalu mudah dan tidak pula muluk-muluk. Perencanaan yang baik akan menjadi panduan kita untuk mengelola suatu usaha.

  • Ukur potensi bisnis
Mengukur peluang bisnis baru yang akan dibuat adalah sangat penting
agar bisnis yang anda jalankan bisa maju. Semua usaha baru dimulai
karena ada kebutuhan. Setelah anda mampu mengidentifikasi adanya
kebutuhan pasar, barulah anda dapat menciptakan pasar yang potensial
dan sesuai target anda.

  • Riset produk yang akan dijual
Sebelum membuka bisnis, ada baiknya anda melakukan riset terhadap
produk yang akan dijual. Riset ini berfungsi untuk mengetahui minat
konsumen, hal-hal non-teknis yang kadang tidak terpikirkan, dan berbagai hal lain yang akan semakin menajamkan rencana usaha yang telah kita susun. Riset ini juga memungkinkan anda dalam mengetahui kekurangan ataupun kelebihan dari produk yang hendak dijual.

  • Ciptakan produk yang unik dan menarik
Di awal bisnis yang anda jalankan, setiap produk harus mampu mencuri perhatian konsumen. Anda harus menciptakan keunikan untuk mencuri perhatian konsumen tapi keunikan tersebut tetap harus bercitra positif. Keunikan itu bisa diaplikasikan dalam bentuk merek, cara pengemasan, cara penyajian, servis purna layanan dan sebagainya.

  • Berani bersaing
Persaingan bisnis adalah sesuatu yang mutlak kita hadapi dalam bisnis, karena itu anda harus siap dengan persaingan. Mulailah dari rancangan produk yang mampu bersaing, mental pebisnis yang kuat dan tahan banting serta kemampuan memperbarui ide dengan hal-hal baru yang lebih baik. Jika memungkinkan, ubahlah lawan menjadi kawan. Ubahlah persaingan menjadi mitra, minimal bangunlah iklim persaingan yang sehat.

  • Utamakan kualitas
Bersainglah dengan meningkatkan kualitas, bukan menurunkan harga. Memang, pada akhirnya, harga memiliki pengaruh sangat kuat dalam persaingan. Kualitas yang buruk membuat konsumen menjauh namun kualitas yang baik, membuat konsumen ikhlas jika harganya sedikit mahal.Jadi pertimbangkanlah baik-buruknya sebelum memulai usaha.

  • Promosi yang tepat
Promosi sangat penting dalam bisnis karena bisa menaikkan citra produk yang anda jual. Promosi yang baik adalah tepat sasaran dan hindarilah promosi yang membuat konsumen terganggu. Promosi bisa dilakukan dengan membuat pamflet kecil yang disebarkan ke masyarakat, kartu nama yang disisipi informasi produk, keikutsertaan dalam event yang melibatkan massa sesuai pangsa pasar yang dibidik. Sesuaikan bahasa, desain dan cara penyampaiannya dengan target tersebut.

  • Konsumen adalah mitra anda
Sangat baik jika anda menganggap konsumen adalah mitra bisnis anda, bahkan mereka bisa menjadi konsultan bisnis anda. Anda bisa meminta pendapat mereka mengenai produk yang anda jual, hal ini sangat penting untuk membangun keterikatan dengan anda.

  • Pemilihan lokasi bisnis yang tepat
Bisnis juga harus mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk berjualan. Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaik adalah lokasinya. Tata letak pabrik dan toko yang baik akan mempermudah kemampuan produksi.

  • Financial
Jika anda tidak punya modal sendiri untuk berbisnis anda bisa meminta bantuan keuangan pada pihak lain. Berhati-hatilah dalam memilih masalah administrasi keuangan karena banyak terjadi kasus penipuan, banyak partner yang curang atau nakal. Anda harus menempatkan orang yang dipercaya untuk mengawasi keuangan, kalau bisa kita tangani sendiri soal keuangan tersebut. Jadi anda harus selalu berhati- hati agar tidak ditipu orang.

Demikianlah postingan tentang TAHAPAN MEMULAI BISNIS yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

0 Response to "TAHAPAN MEMULAI BISNIS"

Post a comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel