"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

SAATNYA MENGEVALUASI TULISAN DI BLOG


Semenjak serius ngeblog saya jadinya ketagihan menulis. Rasanya ada sensasi tersendiri ketika kita bisa menuangkan ide apa saja dalam pikiran kita, hingga menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca oleh orang lain.

Walaupun saya gak tahu pasti apakah sejauh ini, tulisan saya sudah enak dibaca apa belum. Saya belum berani minta feedback langsung kepada pengunjung tentang tulisan saya. 😀

Bagi saya, sudah ada yang mau baca aja udah syukur Alhamdulillah . Tapi gak tahu juga deng, apa orang yang baca memang karna niat pengen baca atau mungkin malah karna tersesat di blog saya ini.

Entahlah. Yang pasti cuman orang lain yang tahu jawabannya. Karena menurut saya enak di baca belum tentu juga menurut orang lain enak di baca, anda sih gak mau kasih tahu saya jawabannya. Jadinya saya pun cuman bisa mengira-ngira. Apakah artikel yang baru saya tulis itu laku apa tidak. Apa tulisan saya sudah enak dibaca apa belum. Orang yang baca emang karna niat mau baca apa cuman mampir karna gak sengaja. 👌😀

Oke sepertinya saatnya saya harus meluangkan waktu untuk mengevaluasi tulisan-tulisan saya yang dari dulu pernah di tulis sampai akhir-akhir kemarin telah di posting dan itu pun tidak membutuhkan waktu yang sedikit sepertinya 😒, tapi yah sudahlah karena sayapun ingin melihat lihat lagi tulisan-tulisan saya yang sempat di posting.

Update


Beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk mengevaluasi sebuah artikel di blog adalah :

MELIHAT DARI ARTIKEL PALING POPULER

Dari dashboard , saya bisa melihat statistik postingan yang mana yang paling sering dilihat pengunjung. Artinya ada dua kemungkinan kenapa artikel tersebut bisa jadi paling populer diantara yang lain.
  1. Pertama, memang kualiatasnya sangat bagus, materinya daging semua, informasinya memang sedang banyak dicari sehingga banyak yang mau baca. 
  2. Kedua, mungkin optimasinya yang cukup bagus, sehingga bisa banyak mendatangkan pengunjung lewat search engine. Meskipun mungkin kualitasnya kurang bagus. 

BANYAKNYA JUMLAH KOMENTAR & PAGEVIEWS

Masih dari menu dashboard , saya juga bisa memantau banyaknya pengunjung yang meninggalkan komentar setelah baca tulisan saya. Bisa jadi topik yang saya bahas menarik. Dan seberapa banyak total pageviews artikel tersebut. Biasanya saya membandingkan dengan artikel lain.

Misal saya tahu rata-rata artikel yang baru di publish itu bisa dapat nol komentar, dan 100an pageviews. Rupanya ada satu artikel dia bisa melewati nilai rata-rata kebanyakan artikel lain. Berarti kemungkinan besar artikel satu ini lebih disukai banyak pengunjung.

ADAKAH YANG SHARE DI FACEBOOK, SOSIAL MEDIA LAINNYA

Informasi yang ini gak saya pasang di blog dan juga gak ada di dashboard . Untuk melihatnya saya biasa memakai bantuan add-ons yang terpasang di browser. Jadi saya bisa tahu artikel ini seberapa banyak orang yang mau share.

Biasanya orang mau share itu karena dia merasa informasi yang baru saja dibaca juga ada manfaatnya untuk orang lain. Kalau biasa-biasa saja atau mungkin orang lain sudah banyak yang tahu, orang gak bakalan mau share.

Untuk like saya bisa lihat dari ketika saya publish artikel ini di sosmed. Ada gak yang mau like di postingan saya tersebut. Entah itu di status facebook saya sendiri, di group, retweet dari twitter dll.

BERTAMBAHNYA JUMLAH SUBSCRIBER EMAIL ATAU PENGIKUT

Yang ini istilahnya sama seperti pelanggan setia blog kita. Orang yang terdaftar sebagai subscriber dia nantinya akan mendapatkan pemberitahuan langsung lewat email ketika ada tulisan terbaru yang saya publish di blog.

Semakin banyak jumlah orang yang berlangganan lewat email, bisa dikatakan topik yang dibacarakan di blog ini sudah banyak peminatnya. Sederhananya, tulisan di blog saya sudah selalu dinanti-nantikan kehadirannya.

Makanya dari pada Anda nanti ketinggalan update terbaru tulisan-tulisan keren dari saya, mending langsung daftar aja jadi subscriber atau pengikut di blog ini. Mau kan? Heheh..

MEMASANG ANCHOR LINK PADA BAGIAN TERTENTU

Salah satu cara untuk melihat apakah pengunjung beneran baca tulisan saya atau tidak, adalah dengan cara memasang anchor link pada tulisan tersebut.

ISI KOMENTAR YANG DISAMPAIKAN PENGUNJUNG

Saya pribadi menganggap kotak komentar di setiap tulisan blog adalah sebagai tempat untuk diskusi. Terkadang malah dari komentar kita juga bisa dapetin informasi tambahan yang gak kalah menariknya dengan isi dari tulisan tersebut. Dan dari komentar juga saya bisa mengetahui kira-kira apa yang dirasakan pengunjung. Makanya saya selalu usahakan untuk selalu balas setiap komentar yang ada. Bagi saya ini penting.

Ibaratnya, tulisan kita itu bisa dibilang sebagai produk maka pengunjung adalah konsumennya. Seorang berperan sebagai penjual, yang harus selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik. Sama seperti jualan, kita pasti tahu kan mana orang yang emang beneran niat beli mana yang cuman nanya-nanya doang. Dan komentar juga bisa berperan sama seperti halnya testimoni.

ADA YANG CHATTING LANGSUNG LEWAT SOSMED

Biasanya pengunjung yang penasaran atau memang suka dengan tulisan kita, dia juga akan tertarik untuk mengenal siapa sosok penulisnya. Cara mudahnya yaitu dengan berteman langsung lewat akun sosial media. Ketika memang informasi yang kita sampaikan itu bermanfaat, pengunjung juga tertarik untuk belajar langsung dengan si penulis blog tersebut.

Saya sendiri pernah dapat beberapa teman baru di facebook, twitter dan sosial media lainnya, karna menulis di blog seperti ini. Saya tahunya iyaa karna mereka sendiri yang bilang, kalau mereka habis baca tulisan-tulisan di blog saya.

Cara cara di atas ini bisa dikatakan adalah cara yang paling ampuh. Saat ngobrol, secara tidak langsung pasti mereka juga akan memberikan tanggapan. Entah kabar baik atau buruk! Heheh..

Yaudah, saya rasa cukup sekian dulu curhatan ini. Padahal sebelumnya saya bukan mau nulis tentang topik ini. Tapi ya sudah lah yang penting kembali lagi ide (pikiran) saya bisa tersalurkan.

Demikianlah postingan tentang SAATNYA MENGEVALUASI TULISAN DI BLOG yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

0 Response to "SAATNYA MENGEVALUASI TULISAN DI BLOG"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel