"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Search Optimization aplikasi dan Rank Aplikasi pada Play Store


Application Search Optimization dan Rank Aplikasi

Jika anda memiliki akun Google Developer tentunya anda dapat melistingkan aplikasi ciptaan anda di Play Store. Hal ini sangat mempengaruhi jumlah install pada aplikasi yang anda publish.

Sebagai informasi kurang lebih 60 persen aplikasi yang di publish di play store sangat sedikit yang di download oleh pengguna adapun yang sangat tidak tersentuh sama sekali. Hal ini berkaitan dengan listing toko yang anda gunakan pada play console atau play store.

Hal yang berpengaruh pada peringkat listing aplikasi ada beberapa faktor diantaranya :

Seberapa Jumlah download oleh user

Bagaimanapun caranya anda sebagai publisher dan developer harus membuat aplikasi anda di download oleh orang banyak. Jumlah download yang besar oleh pengguna akan menaikan rank aplikasi yang anda miliki. Setiap pertama kali install akan dihitung sebagai 1 install. Jika anda menghapus aplikasi dari device anda dan menginstall kembali untuk kedua kalinya maka tidak akan terhitung sebagai install kembali.
Pendapatan semakin tinggi jika jumlah
yang menginstall apliksi terus bertambah

Untuk meningkatkan jumlah download tentunya anda harus mempromosikan aplikasi anda secara langsung maupun menggunakan platform periklanan . Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial. Tetapi hati-hati jika anda terlalu banyak menggunakan traffic yang berasal dari media sosial justru akan menurunkan rank aplikasi anda. Apalagi jika aplikasi anda dicurigai sebagai spam.

Anda dapat melakukan promosi pada media periklanan Google yaitu Google AdWords atau saat ini dengan nama Google Ads. Media periklanan ini terbukti dapat meningkatkan jumlah download secara signiflkan. Biaya per install dapat kita atur bid nya jika menggunakan Google Ads. Anda dapat mengatur strategi untuk meningkatkan jumlah install yang disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Rating yang diberikan oleh pengguna Aplikasi anda

Semakin banyak dan baik rating yang diberikan oleh user maka rank aplikasi anda pun akan naik. Dengan nilai yang bagus maka hal ini akan membuat domino efek pada aplikasi anda. Orang akan melakukan install aplikasi menilai dengan melihat ratingnya terlebih dahulu. Sebagai catatan rating yang diberikan haruslah organik yaitu bukan rating yang dibuat-buat.
Contoh rating di Google Play untuk
Aplikasi otu chat karya anak bangsa|eklankumax.com

Google akan menampilkan rating yang membantu untuk pengguna pada halaman playstore install aplikasi. Rating yang baik dan membangun tentunya dapat bermanfaat bagi developer dan pengguna yang akan menginstall aplikasi.

Judul pada aplikasi

Judul adalah hal yang paling berpengaruh pada jumlah download yang akan anda peroleh dari Play Store. Judul yang baik tentunya yang mendeskripsikan konten aplikasi anda secara singkat dan jelas.
Contoh penulisan judul mempengaruhi ASO

Anda dapat mencari judul yang baik dengan menggunakan Keyword Planner Tools dari Google. Jika anda masih sedikit dalam mendapat hit download oleh pengguna, anda dapat melakukan percobaan mengganti judul pada listing store aplikasi anda.

Deskripsi dalam aplikasi

Deskripsikan aplikasi anda secara singkat dan jelas. Deksripsi ini layaknya konten website yang akan di indeks oleh mesin pencari pada Play Store. Semakin banyak fltur yang anda sajikan tentunya akan menambah nilai jual aplikasi anda sendiri.

Package name

Sesuaikan nama package name dengan judul aplikasi anda. Package name yang baik adalah yang simple dan jelas. Contohnya yaitu com.developername.title. Anda sebaiknya menggunakan nama developer pada awal package name agar lebih mudah dalam identiflkasi dan mengelompokan aplikasi anda.

Melakukan setting ASO ini adalah pekerjaan yang berulang dan membutuhkan eksperimen. Jika pada saat ini rank aplikasi anda kurang baik, anda dapat terus memperbaharui deskripsi aplikasi dan judul pada listing playstore anda.

Anda pun dapat membeli jasa pihak ketiga untuk dapat melakukan optimasi ASO anda agar dapat meningkatkan jumlah download aplikasi. Perbanyak gambar yang menarik agar pengguna semakin tertarik untuk menginstall aplikasi anda.

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Search Optimization aplikasi dan Rank Aplikasi pada Play Store  yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

0 Response to "Search Optimization aplikasi dan Rank Aplikasi pada Play Store "

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel