"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Setting Admob pada Aplikasi by Android Studio


Setting Admob pada Aplikasi menggunakan Android Studio

Sebelum anda menampilkan iklan pada aplikasi anda, anda harus melakukan pembuatan aplikasi dan unit iklan pada panel AdMob anda agar iklan dapat tampil di aplikasi yang anda publish.

Kamu harus Buat aplikasi terlebih dahulu pada panel AdMob

Untuk dapat membuat unit iklan anda harus membuat nama aplikasi terlebih dahulu. Satu id aplikasi akan berhubungan dengan satu aplikasi yang anda kembangkan. Untuk dapat membuat aplikasi baru pada admob klik tambah aplikasi.
Tambahkan aplikasi pada akun AdMob kamu

Masukan judul aplikasi yang ingin anda tambahkan dan pilih kategori aplikasi anda apakah Android Apps atau IOS. Setelah anda menambahkan aplikasi anda dapat mulai menambahkan unit iklan.

Membuat ads unit yang akan di tampilkan
Jenis iklan yang dapat di gunakan pada aplikasi

Ads unit yang ditampilkan pada aplikasi anda tidak ada batasan. Anda bisa membuat ads unit sebanyak banyaknya yang anda butuhkan. Ads unit ini dibagi menjadi tiga yaitu banner, interstitial dan rewarded ads.

Membuat unit iklan banner

Setelah anda membuat unit iklan pada halaman unit iklan terdapat kode yang dapat anda gunakan pada aplikasi anda. Selalu diingat agar kode ini tidak tertukar karena mungkin iklan akan tidak berjalan dan menyulitkan kita dalam analisis laporan kedepannya.
List ads unit yang telah anda create

Anda dapat mengirimkan konfigurasi unit iklan ke alamat email sebagai dokumentasi agar tidak salah dalam mengelola unit iklan.

Mulai melakukan setting pada Aplikasi

Anda dapat membuat aplikasi android dengan menggunakan tools yang telah disediakan oleh Google. Anda dapat menginstall Android Studio terlebih dahulu untuk dapat membuat aplikasi. Setelah menginstall anda dapat create aplikasi baru lalu pilih template AdMob agar lebih mudah dan lebih cepat dalam pembuatan aplikasi.
Pilih template AdMob Activity

Untuk dapat menampilkan format iklan banner, pada aplikasi pilih banner. Jika anda ingin mencoba interstitial andapun bisa mencobanya dari sini. Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah iklan banner.
Pilih banner untuk memulai dengan template banner

Setelah project berhasil dibuat anda dapat melihat struktur file dan kode aplikasi anda di panel sebelah kiri. Panel sebelah kanan adalah Java class yang sedang dilakukan edit. Java class ini yang menentukan activity pada setiap halaman android. Satu halaman pada aplikasi android adalah satu activity.
Panel navigasi android di sebelah kiri

Berikut file yang harus anda perhatikan dalam menampilkan AdMob pada aplikasi :

Manifest

Hal yang harus anda perhatikan dalam pemasangan iklan AdMob pada aplikasi adalah menambahkan app-id AdMob anda pada manifest flle. Manifest flle pada aplikasi java adalah kumpulan informasi utama aplikasi dan setting utama aplikasi. Perhatikan code seperti dibawah ini untuk dapat menampilkan iklan.
Manifest flle pada aplikasi anda

Kode java MainActivity

Pada kode Java MainActivity anda harus menggunakan kode template seperti ini agar iklan banner dapat tampil pada aplikasi anda. Pada kode java MainActivity, halaman xml yang di-Ioad adalah activity_main dan ID banner yang digunakan adalah adView.
Kode java untuk menampilkan iklan banner

Kode iklan pada value string

Untuk menambahkan id iklan anda harus membuat string referensi iklan pada aplikasi untuk nantinya dipanggil pada java class. Dalam melakukan pengetesan iklan anda harus menggunakan ad unit untuk pengetesan iklan yang telah disediakan oleh google. Apabila tidak menggunakan unit id pengetesan maka akan dianggap sebagai invalid activity.

Metode mudah untuk melakukan pengetesan adalah dengan menggunakan unit id Test Ads dari Google yaitu:

https://developers.google.com/admob/android/test-ads 

String untuk menyimpan kode Ads Unit

Setelah dibuat string anda dapat mulai menggunakan coding default untuk menampilkan iklan banner. Anda tidak diperkenankan mengubah sebagian kode yang telah ditentukan oleh Google karena merupakan policy dasar yang harus dipatuhi.

Simpan kode xml banner pada halaman yang diinginkan.

Layout untuk menempatkan kode iklan

Jika kita coba running akan tampil seperti ini.
Hasil test ads ketika di running

Selamat anda telah memasang banner iklan pada aplikasi percobaan anda  🙂

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Setting Admob pada Aplikasi by Android Studio yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

0 Response to "Setting Admob pada Aplikasi by Android Studio"

Post a comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel