Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersabar = pahala besar

Daftar isi [Tampil]

Kabar gembira dengan pahala yang besar. Allah Ta'ala telah menjanjikan pahala dan ganjaran yang besar, akan mengangkat derajatnya dan menghapus kesalahan-kesalahannya, bagi siapa saja yang sedang di timpa kesedihan, kesusahan, dan kegalauan. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman tentang orang-orang yang sedang di rundung musibah:


"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas". QS az-Zumar: 10.

Dalam sebuah hadits Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:


"Tidaklah seorang mukmin itu di timpa rasa sakit, tidak pula cobaan, kesedihan, kesusahan dan kegalauan, tidak juga musibah sampai duri yang di injaknya melainkan Allah akan menghapus dengan sebab itu dari kesalahan-kesalahanya". Mutafaq'alaihi.

Ketika Ummu Ibrahim yang ahli ibadah itu di tabrak seekor kuda sampai mematahkan salah satu kakinya sehingga para tetangganya datang untuk menjenguknya, dia mengatakan: "Kalau lah sekiranya tidak ada cobaan di dunia ini, tentulah kita akan meninggalkan dunia ini bagaikan orang yang bangkrut".

Tatkala tali sendalnya Khalifah Umar bin Khatab semoga Allah meridhoinya putus maka beliau mengucapkan kalimat istirjaa' sambil mengatakan: "Setiap sesuatu yang jelek maka itu merupakan musibah bagimu"

Berkata Ibnu Abi Dunya: "Mereka (para salaf) mengharap ketika terkena demam semalaman, supaya bisa menghapus dosa-dosanya yang telah lampau".

Imam Nawawi mengatakan di dalam kitabnya syarh Shahih Muslim ketika menjelaskan sabda Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam:


"Tidaklah seorang muslim terkena duri atau yang lebih besar (dari duri), melainkan di tulis (supaya) di naikan satu derajat baginya dan di hapus dengan sebab itu kesalahannya". Dalam riwayat yang lain: "Melainkan Allah Ta'ala akan mengangkat derajatnya dan menghapus kesalahanya".

Beliau, Imam Nawawi mengatakan: "Di dalam hadits-hadits ini sebagai kabar gembira yang agung bagi kaum muslimin, sesungguhnya walaupun sedikit saja ada salah seorang muslim yang tertimpa dari perkara-perkara ini, maka di dalamnya ada penghapus dosa dan kesalahan, baik itu dengan penyakit, cobaan, musibah dunia dan kesedihannya, walaupun hanya sedikit yang dia rasakan".

Posting Komentar untuk "Bersabar = pahala besar"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi