"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Ilmu ada 3 tahapan


kembali merenungkan perkataan Umar bin Khattab. Beliau pernah bilang:

"Ilmu ada 3 tahapan. Jika seseorang memasuki tahapan pertama, ia akan SOMBONG. Jika ia memasuki tahapan kedua, ia akan TAWADHU. Dan jika ia memasuki tahapan ketiga, ia akan MERASA DIRINYA TIDAK ADA APA-APANYA"

Sekarang, coba kita berkaca atau bercermin pada diri sendiri, sikap seperti apa yang biasa kita lakukan saat dititipi ilmu tertentu oleh Allah?
  • Sombongkah?
  • Tawadhukah?
  • Merasa diri tidak ada apa-apanyakah?

Tentu, hanya diri kita yang tahu. Hati tidak bisa membohongi. Biasanya orang yang masih baru belajar, dia akan sombong. Karena dia merasa dia sudah berada pada posisi yang paling mulia, sementara orang lain yang mungkin belum belajar ilmu itu lebih rendah dari pada dia. Padahal, mungkin kondisinya dialah yang masih banyak kekurangan dan bodoh.

Ketika seseorang masuk ke tahapan kedua, maka dia akan merasa masih banyak hal yang belum dia ketahui dan itu membuat dia lebih tawadu’. Seperti padi, semakin memiliki ilmu, semakin merunduk. Tahapan ini lebih meningkat dari tahapan pertama tadi. Di hatinya tak ada lagi rasa sombong, bahkan dia lebih merendahkan hatinya terhadap orang lain.

Masuk ke tahapan terakhir, yaitu tahapan ketiga. Tahapan dimana seseorang yang semakin berilmu dia semakin merasa tidak ada apa-apanya, semakin merasa kecil. Karena di tahap ini dia merasa ilmu itu seperti lautan yang begitu luas. Ketika dia mendapat satu ilmu, maka di dalam dirinya akan merasa kurang, dia haus akan ilmu, dan bahkan mengabdikan seluruh hidupnya untuk terus belajar dan meraih ilmu sebanyak - banyaknya.

Balik lagi. Jadi, sudah sampai di tahap manakah ilmu kita? Semoga kita bisa sampai di tahap yang paling baik. Dimana tak ada lagi kesombongan dari ilmu yang kita miliki, toh hanya titipan dari Allah. Betul? Jangan bosan untuk terus memperbaiki diri, setiap hari. Yuk!

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Ilmu ada 3 tahapan yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

0 Response to "Ilmu ada 3 tahapan"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel