"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Pengertian Branding


Branding merupakan sebuah kata yang berasal dari kata dasar Brand, yang berarti Merek. Akan tetapi, ketika kita mencari arti kata Branding didalam kamus bahasa inggris, kita tidak akan menemukan arti yang sesuai. Sedangkan begitu banyak macam pengertian branding yang bertebaran didunia maya hingga buku sekalipun, yang tentunya bisa membingungkan kita. Lalu bagaimana arti branding seharusnya ?

Didalam hal ini, saya menterjemahkan kata Branding dengan arti Memperkuat merek produk ataupun jasa. Kita semua mengetahui, bahwa fungsi dasar dari sebuah merek adalah sebagai pembeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, dengan adanya dinamika didalam derasnya kompetisi pasar, sebuah merek membutuhkan kekuatan dan pengelolaan. 

Unsur-unsur yang mempengaruhi kekuatan sebuah merek adalah, dari apa yang anda lihat (tangible), dan dari apa yang anda dengar dan yang anda rasakan (intangible).

Kedua unsur diatas merupakan syarat utama untuk membangun kekuatan sebuah merek didalam kompetisi pasar. Lalu, elemen apa saja yang terdapat di kedua unsur tersebut ? Elemen-elemen yang terdapat didalam kedua unsur tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tangible : Produk, packaging/kemasan, identitas visual, dsb.

2. Intangible : Kualitas produk dan jasa.

Brand yang efektif akan menggambarkan siapa perusahaan/Anda, apa yang perusahaan/Anda buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga menetapkan relevansi dan kredibilitas perusahaan Anda dihadapan prospek klien atau konsumen. Brand lebih dari sekedar tampilan logo yang menarik secara visual.

Ada sedikit juga tips yang akan saya bagikan dari salah satu coach yang saya pelajari ,(beliau berkelas Internasional,) ada tiga hal yang disampaikan bagaimana kita membangun branding :

1. simple

Apa maksudnya simple?  sebenarnya branding itu bukan sesuatu yang sulit,  bukan sesuatu yang ribet,  sebenarnya adalah sesuatu yang simpel atau sederhana.

Jadi bangunlah branding anda itu dari kesederhanaan.  Mulai dengan apa yang ada bisa dan apa yang anda miliki.

2. unik

Tonjolkkan keunikan anda. Anda tidak harus menjadi pertama atau terbaik. Jadi terunik juga bisa.

Apa yang unik tersebut, sharelah dengan audience anda. Sampai mereka milihat keunikan tersebut.

3. konsisten

Personal branding tidak mungking terjadi 1 hari saja. Biasa dilakukan berulang - ulang secara konsisten, sehingga tertanam dipikiran audience.

Note: sesuatu yang unik selalu layak dijual mahal. Coba anda pergi ke toko perhiasan. Biasa makin unik, makin mahal.

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Pengertian Branding yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

0 Response to "Pengertian Branding"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel