Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Website

Daftar isi [Tampil]

Website (Indonesia: Situs Web) adalah halaman web berisikan kumpulan informasi yang dimiliki secara individu, kelompok, atau organisasi (Wikipedia).

Dalam KBBI, Situs Web diartikan sebagai program komputer yang menjalankan peladen (server) yang menyediakan akses ke beberapa halaman.

Secara manual, Situs Web biasa disebut Web saja atau website, mungkin saja dapat diartikan kumpulan halaman di internet (halaman) yang menampilkan berbagai macam informasi dalam bentuk teks, gambar, grafis, suara, video, atau gabungan dari semuanya (multimedia).

Pengertian praktis juga, website adalah halaman di internet yang biasa kita buka melalui internet / browser web Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera, misalnya detik.com, Republika.co.id, kompas.com, BangRizkyw.com.


Setiap orang di berbagai tempat dan segala waktu bisa menggunakannya selama terhubung secara online di jaringan internet. Secara teknis, website adalah kumpulan dari page, yang tergabung kedalam suatu domain atau subdomain tertentu. Website-website yang ada berada di dalam World Wide Web (WWW) Internet.

Pengertian Website Menurut Para Ahli
  • Website adalah fasilitas internet penghubung dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page sementara link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca lewat browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya (pengertian website dari Hakim Lukmanul, 2004)
  • Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait satu sama lain. Web terdiri dari page/halaman, dan kumpulan halaman yang disebut homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman terkait yang berada di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam web (pengertian website dari Gregorius, 2000)
  • Website adalah suatu metode untuk menampilkan informasi pada internet, baik berupa teks, gambar, suara atau video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext), dapat diakses melalui sebuah browser (pengertian website dari Yuhefizar, 1998)

Mudah-mudah share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Pengertian Website yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

Posting Komentar untuk "Pengertian Website"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi