Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat page disclaimer blog/web

Daftar isi [Tampil]

kali ini saya akan membuat post yang berjudul cara membuat page disclaimer yang saya kutif dari beberapa blog. Sebelum membuat disclaimer untuk blog, Anda harus paham dulu apa yang dimaksud dengan disclaimer dan apa pentingnya untuk blog Anda.

Jika Anda menjalankan blog hanya sebagai tempat curhat tanpa berniat monetize, maka disclaimer tidak ada gunanya. Tapi jika untuk tujuan komersial, hal ini penting. Apalagi jika peruntukannya untuk melamar jadi publiser di Google Adsense.

Selain privacy policy dan contact us, beberapa blogger juga membutuhkan disclaimer. Hal ini agar terlihat profesional saja. Walau pada dasarnya, ketika telah punya privacy policy dan contact us, itu sudah mewakili semuanya, apalagi kalau hanya sekedar blog.

Hampir semua website dan blog profesional akan mencantumkan disclaimer, privacy policy, TOS (Terms of Service) dan contact us. Bagian ini memang kadang kala tidak tertera secara jelas. Biasanya akan di letakkan di salah satu bagian dari blog atau website tersebut. Contohnya blog/web ini ~ yang meletakkan bagian ini di atas.

Disclaimer berbeda dengan privacy policy. Disclaimer berisi pernyataan bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam website atau blog tersebut semata-mata hanya sebagai informasi belaka dan pemilik atau pengelola tidak bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut.

Pertanyaannya kemudian, apakah legal disclaimer dapat dianggap sebagai exit clause apabila ada pelanggaran yang menyangkut hal-hal yang di formulasikan dalam terms & conditions serta privacy policy sebuah website? Dan bagaimana posisi legal disclaimer dalam UU ITE? Jawaban ini saya dapatkan dari Graham J.H. Smith dalam bukunya “Internet Law and Regulation”.

Pada dasarnya Graham menjelaskan bahwa, pada dasarnya disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Sementara di Indonesia, pencantuman disclaimer dalam situs tidak dengan sendirinya melepaskan tanggung jawab hukum dari si pemilik/pengelola situs yang bersangkutan. Itu yang tertera dalam UU ITE yang menjadi pedoman hukum di negara kita ini.

Terlepas dari itu semua, tak ada salahnya mencantumkan disclaimer di setiap blog yang kita kelola. Lalu, bagaimana cara membuat disclaimer blog? untuk cara membuat disclaimer pada blog atau website berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan buka ➡ disclaimer generator (klik aja yang bertulisan tebal)

2. Halaman selanjutnya Anda diminta mengisi informasi utama blog Anda.


3. Untuk penjelasan cara mengisi kolom simak di bawah ini
  • Your Site Title: Tulis nama blog atau website Anda
  • Your Site URL: Alamat blog Anda
  • Contact Link: Laman contact us Anda
  • Email Address: Email untuk menghubungi Anda.
  • Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript.

4. Jika sudah mengisi semua informasi yang dibutuhkan silahkan klik Generate Disclaimer. Anda sudah bisa melihat hasilnya.

5. Silahkan copy disclaimer tersebut kedalam blog Anda. Jika penasaran dengan hasilnya, bisa di klik Preview Your Disclaimer. Untuk tampilan berupa kode dan pastekan pada halaman new page yang di beri nama DISCLAIMER masukan dalam mode text bukan visual .

Mudah-mudah share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Cara membuat page disclaimer blog/web yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

Posting Komentar untuk "Cara membuat page disclaimer blog/web"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi