"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain ( TLD )


Seperti yang sudah kita semua ketahui saat kita membuat blog menggunakan blogger maka domain dari blog kita akan ada terdapat .blogspot.com, untuk dapat mengganti domain .blogspot.com ini menjadi domain TLD ( .com,.net,.org,.id,dll ) kita perlu membeli domain TLD pada penyedia jasa domain yang banyak sekali jika dicari di google.

Untuk BangRizkyW sendiri membeli domain di Domainesia.com, dan alhamdulilllah sampai sekarang belum pernah ada masalah dengan domain yang digunakan BangRizkyW.com

Pada tutorial kali ini yang akan dibahas adalah cara mengganti domain blogspot ke TLD dengan menggunakan jasa Domainesia sebagai jasa penyedia Domain.

Baca juga : Kenapa memilih Domainesia?

selama ini BangRizkyW.com menggunakan domain dari domainesia dan untuk penyedia domain lainnya Bang Rizky pun belum begitu paham cara pemasangannya pada blogger, karena setiap penyedia jasa pembelian domain terkadang memiliki cara yang sedikit berbeda dalam pemasangan domain.

Berikut adalah langkah-langkah cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain ( TLD ) :

Beli Domain di Domainesia

Buka di sini ➡ DomainEsia.com Buat akun domainesia ,klik Sign Up di pojok kanan atas. Jika sudah selesai membuat akun kembali ke halaman utama domainesia.com, ketikan nama domain yang anda inginkan kemudian klik cari. Domain yang berwarna hijau adalah domain yang tersedia dan dapat di beli untuk melihat semua domain yang tersedia klik tombol selengkapnya

Pada halaman list domain ada pilihan 40 nama domain mulai dari .com sampai .xyz, disamping nama domain akan terlihat harga domain . harga tersebut adalah untuk penggunaan 1 tahun, jika sudah menemukan domain yang diinginkan klik Daftarkan Domain.

pada halaman selanjutnya isikan durasi pembelian domain dan juga addons yang ingin ditambahkan beberapa addon gratis tapi ada juga yang berbayar. Jika sudah klik masukan ke troli.

Lakukan pembayaran sesuai jumlah total harga ke rekening domainesia yang akan dikirimkan ke email anda, setelah melakuka pembayaran konfirmasi pembaaran di domainesia.com, tunggu beberapa saat dan domain pesanan anda siap untuk digunakan

Pemasangan Domain Pada Blogger

1. Buka domainesia.com pada web browser anda. Pilih tab Customer Login. Lalu masukkan username dan password anda. Jika pertama kali masuk dash domainesia anda diharuskan mengganti password dengan mengklik forget password, ikuti petunjuk selanjutnya untuk mengganti pass dari domainesia. JIka sudah berhasil buka lagi domainesia.com menggunakna password yang baru.

* untuk login ke domainesia.com masih menggunakan password yang lama, password baru hanya untuk dash domainesia

2. Setelah log in anda akan masuk ke dashboard domain, klik My Domain kemudian klik domain yang akan digunakan.

3. Pada Halaman Pengaturan Domain scroll ke bawah sampai anda menemukan manage DNS

4. Setelah itu anda akan masuk ke pengaturan DNS. Pastikan name server anda yaitu:
  • dns1.domainesia.com
  • dns2.domainesia.com
  • dns3.domainesia.com
  • dns4.domainesia.com

Apabila belum, maka klik Fix Name Servers Automatically. Maka secara otomatis nama server akan diubah.

5. Kemudian setelah name server sesuai, maka pilih Add record. Kemudian klik Arecord lalu isikan hostname dengan nama domain anda tanpa www dan IP address dari blogspot. Adapun IP address dari blogger/ blogspot sendiri yaitu :
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

masukan satu persatu sampai seperti gambar berikut :

7. Kemudian buka tab baru pada browser, masuk ke akun blogger. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

8. Tuliskan nama domain yang telah di daftar dash domainesia tadi. Misalnya www.BangRizkyW.com. Lalu klik Simpan. Maka akan ada error dari pihak blogger yaitu Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.

9. Buka dash.domainesia.com tadi lagi, kemudian Add record pada CNAME. Masukkan domain anda pada kolom pertama misalnya www.bangrizkyw.com dan pada kolom kedua isikan ghs.google.com
10 Kemudian, buat CNAME record lagi. Masukkan host unik dar. google(dot)namadomainanda.com dan record unik dari google lalu pilih Create. contoh seperti gambar berikut
11. Pastikan anda telah menambahkan 4 A record yang berisi 4 IP address dari blogger dan 2 CNAME record. Sehingga akan muncul tampilan seperti berikut

Setelah anda menambahkan CNAME record maka silahkan login ke blogger.com. Kemudian masuk Setelan, pilih Dasar. Pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda. Setelah itu pilih Simpan. Jika masih error tunggu beberapa jam, rata-rata memakan waktu +-24 jam, Kemudian lakukan langkah terakhir ini lagi.Apabila telah berhasil terhubung, anda akan dihadapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger.

Baca juga : Cara Agar Domain TLD bisa diakses dengan atau tanpa www

Demikianlah postingan tentang Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain ( TLD ) yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

0 Response to "Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Top Level Domain ( TLD )"

Post a comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel