Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Ide untuk Mengisi Blog

Daftar isi [Tampil]

Membuat blog itu mudah. Yang sulit, mengisinya. Banyak sekali orang yang membuat blog, namun di biarkan begitu saja, di biarkan kosong, lumayan sih, dari pada nggak bikin sama sekali. 

Berikut ini panduan Ide untuk Mengisi Blog, tips bagi blogger pemula yang baru atau akan membuat blog namun bingung bagaimana mengisi atau menulis postingnya.

1. Tanggapi Berita atau Tulisan Blog Lain

Tanggapi sesuatu di tempat lain di web. Anda bisa mengisi blog dengan menulis respons, tanggapan, kritik, atau persetujuan terhadap sebuah berita atau tulisan blogger lain. Anda dapat didukung sebagai data pendukung argumen Anda --dikenal dengan sebutan "link journalism".

2. Tulis sebuah Saran atau Ide

Sarankan ide. Banyak sekali masalah sosial, politik, ekonomi, gaya hidup, dan sebagainya di sekitar kita atau menjadi isu di media. Menulis saran atau ide Anda dan undang-undang reaksi atau komentar pembaca.

3. Wawancara

Wawancara seseorang. Ini cara termudah mengisi blog atau menulis postingan. Anda hanya perlu ingat pertanyaan, menetapkan narasumber, dan menuliskan jawaban narasumber. Kirim pertanyaan melalui email. Narasumber bisa guru Anda, ustadz Anda, Anda, teman Anda, artis, pejabat, atau siapa saja. Ya, benar, layaknya wartawan mencari berita.

4. Posting Acara

Blog sebuah acara. Banyak sekali acara di sekitar kita --konferensi, seminar, demosntrasi, pelatihan, konser, dan sebagainya. Tulis dan publikasikan di blog Anda.

5. Ajukan Pertanyaan

Berikan pertanyaan. Inilah salah satu keunikan blog. Anda bahkan bisa menulis hal yang tidak Anda pahami atau ingin Anda ketahui, dengan cara mengajukan pertanyaan. Anda juga bisa membuat polling atau survei dengan widget yang disediakan provider blog.

6. Ngajak Gelut

Bertarunglah. Maksudnya, menulis kritik pedas terhadap blogger ternama dengan harapan ada tanggapan. Ini seperti ide no. 1, yaitu menanggapi blogger yang lain atau yang berkembang, namun fokus "menyerang" satu blogger.

7. Refleksi terhadap Sesuatu

Renungkan sesuatu. Saat membaca atau mendengar sebuah berita, pastinya muncul reaksi di benak Anda. Tuliskan! Banyak kejadian di sekitar kita, mulai kriminalitas, korupsi, balap liar, teman facebook yang memperbarui statusnya narsis terus, dan sebagainya.

8. Gunakan Kamera!

Lakukan sesuatu yang visual. Ambil gambar (foto) atau video dan jelaskan foto/video tentang apa.

9. Ulas sesuatu

Tinjau sesuatu. Anda bisa membuat resensi buku, film, sinetron, acara TV, atau acara. Bisa juga mereview hotel, tempat wisata, kampus, sekolah, dll.

10. Buat daftar

Buat daftar. Buat daftar misalnya Top 10 situs berita terpopuler dunia dengan inspirasi pada situs Alexa. Anda juga bisa membuat "daftar situs yang saya inginkan setiap hari" misalnya atau daftar restoran, hotel, atau tempat yang pernah Anda kunjungi.

11. Tips Tulis

Tulis petunjuk. Ini posting terpopuler yang dicari pengguna. Anda dapat menulis cara, cara membuat, cara menghadapi, dan panduan atau tutorial lain.

12. Undang Tamu Blogger

Biarkan orang lain memposting. Ajak teman atau orang lain menulis di blog Anda. Jika mereka sudah punya blog sendiri, minta ditulis ulang dengan perspektif atau baru.

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang 12 ide posting blog atau cara mengisi blog baru yang saya share dari pakar jurnalisme online dari Universitas Birmingham, Paul Bradshaw, dalam 12 Ide untuk Posting Blog. yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran.

Posting Komentar untuk "12 Ide untuk Mengisi Blog"

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi