"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

12 Ide untuk Mengisi Blog


MEMBUAT blog itu mudah. Yang sulit, mengisinya. Banyak sekali orang yang membuat blog, namun "cul" begitu saja, di biarkan kosong, lumayan sih, dari pada nggak bikin sama sekali.

Berikut ini panduan tips bagi blogger pemula yang baru atau akan membuat blog namun bingung bagaimana mengisi atau menulis postingnya.


1. Tanggapi Berita atau Tulisan Blog Lain.

Tanggapi sesuatu di tempat lain di web. Anda bisa mengisi blog dengan menulis respons, tanggapan, kritik, atau persetujuan terhadap sebuah berita atau tulisan blogger lain. Anda dapat didukung sebagai data pendukung argumen Anda --dikenal dengan sebutan "link journalism".

2. Tulis sebuah Saran atau Ide.

Sarankan ide. Banyak sekali masalah sosial, politik, ekonomi, gaya hidup, dan sebagainya di sekitar kita atau menjadi isu di media. Menulis saran atau ide Anda dan undang-undang reaksi atau komentar pembaca.

3. Wawancara.

Wawancara seseorang. Ini cara termudah mengisi blog atau menulis postingan. Anda hanya perlu ingat pertanyaan, menetapkan narasumber, dan menuliskan jawaban narasumber. Kirim pertanyaan melalui email. Narasumber bisa guru Anda, ustadz Anda, Anda, teman Anda, artis, pejabat, atau siapa saja. Ya, benar, layaknya wartawan mencari berita.

4. Posting Acara.

Blog sebuah acara. Banyak sekali acara di sekitar kita --konferensi, seminar, demosntrasi, pelatihan, konser, dan sebagainya. Tulis dan publikasikan di blog Anda.

5. Ajukan Pertanyaan

Berikan pertanyaan. Inilah salah satu keunikan blog. Anda bahkan bisa menulis hal yang tidak Anda pahami atau ingin Anda ketahui, dengan cara mengajukan pertanyaan. Anda juga bisa membuat polling atau survei dengan widget yang disediakan provider blog.

6. Ngajak Gelut.

Bertarunglah. Maksudnya, menulis kritik pedas terhadap blogger ternama dengan harapan ada tanggapan. Ini seperti ide no. 1, yaitu menanggapi blogger yang lain atau yang berkembang, namun fokus "menyerang" satu blogger.

7. Refleksi terhadap Sesuatu.

Renungkan sesuatu. Saat membaca atau mendengar sebuah berita, pastinya muncul reaksi di benak Anda. Tuliskan! Banyak kejadian di sekitar kita, mulai kriminalitas, korupsi, balap liar, teman facebook yang memperbarui statusnya narsis terus, dan sebagainya.

8. Gunakan Kamera!

Lakukan sesuatu yang visual. Ambil gambar (foto) atau video dan jelaskan foto / video tentang apa.

9. Ulas sesuatu.

Tinjau sesuatu. Anda bisa membuat resensi buku, film, sinetron, acara TV, atau acara. Bisa juga mereview hotel, tempat wisata, kampus, sekolah, dll.

10. Buat daftar.

Buat daftar. Buat daftar misalnya Top 10 situs berita terpopuler dunia dengan inspirasi pada situs Alexa. Anda juga bisa membuat "daftar situs yang saya inginkan setiap hari" misalnya atau daftar restoran, hotel, atau tempat yang pernah Anda kunjungi.

11. Tips Tulis.

Tulis petunjuk. Ini posting terpopuler yang dicari pengguna. Anda dapat menulis cara, cara membuat, cara menghadapi, dan panduan atau tutorial lain.

12. Undang Tamu Blogger.

Biarkan orang lain memposting. Ajak teman atau orang lain menulis di blog Anda. Jika mereka sudah punya blog sendiri, minta ditulis ulang dengan perspektif atau baru.

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang  12 ide posting blog atau cara mengisi blog baru yang saya share dari pakar jurnalisme online dari Universitas Birmingham, Paul Bradshaw, dalam 12 Ide untuk Posting Blog. yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran.

0 Response to "12 Ide untuk Mengisi Blog"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel