"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Pengertian SEO


Sebenarnya apa itu SEO? dan apa saja manfaat SEO bagi website? Pada tahun 2000an seiring pesatnya perkembangan dunia maya seperti hadirnya Search Engine, secara tidak langsung ilmu SEO juga dibutuhkan di Indonesia.

Pada tahun 2000 dunia maya masih belum berkembang dan persaingan antara berbagai website masih rendah, tetapi untuk sekarang persaingan antara blog atau website sudah sangat tinggi.

SEO itu mahluk apaan sih? Apa Itu SEO? Sebagian besar blogger dan internet marketer pasti sudah mengetahui apa itu SEO (Search Engine Optimization).

Pengertian SEO 

SEO adalah singkatan dari kata Search Engine Optimization merupakan serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. SEO yang merupakan singkatan dari "Search Engine Optimization" atau Optimisasi Mesin Pencari. SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan SPAM yang di posting di Usenet.

Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website atau blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.

Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website atau blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search). Bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat contoh gambar di bawah

Teknik SEO bukan ilmu yang bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Teknik SEO harus dipelajari secara otodidak (dipraktekan) dan berkelanjutan (update teknik terbaru), dan perubahan yang terjadi di profesi SEO sesuai dengan aturan-aturan terbaru yang ditetapkan oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll).

Banyak website yang memberikan informasi terbaru mengenai teknik terkini mengenai SEO. Lebih disarankan bagi Junior SEO untuk mengikuti perkembangan SEO yang pasti dari Blog Google atau dari Blog SEO ternama, dikarenakan Google melakukan minor update algorithm sekitar 500 kali setahun dan 3-4 kali untuk major updates. Namun inti dari setiap update pastinya memberikan dampak positif bagi pemakai Search Engine.

Mengapa belajar SEO dengan Google yang menjadi patokannya? karena Google mempunyai market pengguna lebih dari 90% dibandingkan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia.

Google menguasai hampir mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China. Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.

Bila anda memiliki website bisnis seperti jualan online, berita, jasa dan lainnya, ada baiknya anda juga mempelajari apa itu SEO. Karena website bisnis online dan SEO bila disatukan maka hasilnya akan lebih maksimal, lain halnya bila anda hanya mengandalkan website tanpa SEO.

Tips sederhana mengembangkan website bisnis adalah dengan mengandalkan optimasi SEO On Page terlebih dahulu. Bangun blog pada website bisnis dengan memberikan informasi menarik mengenai perusahaan, trend terkini, tips trik, dan berbagai informasi lainnya.

Manfaat SEO

Setelah mengetahui apa itu SEO, maka sekarang akan membahas manfaat SEO bagi pemilik website. Teknik SEO sebenarnya banyak memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog.

Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate.

Adapula website jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website anda (Sistem Kepercayaan).

Maka pengunjung website akan lebih tertarget dan website semakin meningkat aktifitas pengunjungnya. Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:
  • Website menjadi ramai dengan pengunjung tertarget kata kunci 
  • Pelanggan terus berdatangan ke website 
  • Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan anda sebagai Publisher 
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama 
  • Bisnis di dalam website menjadi berkembang 
  • Penjualan produk akan semakin meningkat 
  • Adanya timbal balik ke website affiliate produk dan lainnya 

Sampai sekarang pun perkembangan algoritma Search Engine Google terus di update membuat nilai relevan dan kenyamanan pengguna ditingkatkan.

Hal ini yang membuat para pemilik website yang menggunakan teknik SEO yang berbahaya akan segera tersingkir dengan sendirinya. Atau pemilik website yang tidak up to date yang hanya membangun dan membiarkan website tanpa update apapun.

Konsep dasar SEO

Google dan mesin pencari lain adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka. Pengguna menginginkan supaya website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman pertama.

Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna. Intinya dari SEO adalah jadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang anda inginkan. Oke..jadi yang terbaik. Tapi dalam segi apa?
  1. Konten yang disajikan
  2. Struktur dan navigasi
  3. Kepuasan pengguna (User Experience/UX)
  4. Popularitas

Dalam seri panduan SEO ini kita akan mempelajari bagaimana anda bisa menjadi yang terbaik dari pada saingan anda. 

Bisakah website saya sukses tanpa SEO? Bisa!

Dengan memperhatikan konsep dasar SEO di atas, anda sebenarnya tidak perlu pusing memikirkan SEO. Tidak jarang orang yang memiliki website yang populer tanpa mengerti SEO. Ini karena mesin pencari saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.

SEO saat ini dalam prakteknya lebih dominan sebagai usaha marketing dari pada teknikal. Tapi.. Ada kemungkinan website atau blog anda masih butuh sedikit usaha lagi dari anda untuk bisa berhasil. Selain itu dengan mengetahui teknik SEO anda mengerti bagaimana membuat website atau blog yang sukses.

Apakah SEO bisa saya lakukan sendiri

Ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO, tapi sesungguhnya SEO juga bisa anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa.

Dengan adanya berbagai panduan SEO yang disediakan secara gratis di internet (termasuk pada artikel blog ini), anda bisa belajar otodidak dan mengaplikasikannya sendiri.

Anda bisa menghemat jutaan rupiah dengan melakukan optimasi sendiri. Untuk website bersifat informasi yang strukturnya sederhana, anda kemungkinan besar tidak perlu
menggunakan jasa SEO dan cukup mengandalkan panduan dari artikel ini.

Tetapi kalau website anda punya struktur yang rumit misalkan toko online atau web-app, ada kemungkinan anda membutuhkan jasa SEO untuk menyederhanakan struktur agar ramah terhadap mesin pencari.

Apa saja yang harus saya pelajari

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen ini yang akan menentukan seberapa baik website atau blog anda secara SEO. Komponen ini pula lah yang menentukan urutan rangking di hasil dari pencarian search engine.

Secara singkat, inilah yang perlu anda pelajari untuk menguasai inti SEO:
  1. Mengoptimasi halaman website
  2. Riset kata kunci (Keyword research)
  3. Menganalisa kompetisi
  4. Membuat konten yang teroptimasi
  5. Membangun popularitas, link, dan reputasi
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO


Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Pengertian SEO Lengkap yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran  .

0 Response to "Pengertian SEO"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel