Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OnlinePreneur

Daftar isi [Tampil]

1. Pengertian OnlinePreneur

OnlinePreneur adalah gabungan kata "online" dan "entrepreneur" bisa diartikan sebagai seorang yang aktif dan berbisnis (wirausaha) dibidang internet dengan cara memamfaatkan media sosial.


Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka seorang onlinepreneur.

Baca juga :

Kata Onlinepreneur mulai populer karena adanya teknologi internet yang memudahkan kita penyebarluasan informasi dan pengembangan :
Seorang onlinepreneur juga harus mau dan mampu menciptakan revolusi hal baru dalam menciptakan peluang penghasilan.

2. Syarat umum menjadi onlinepreneur

memenuhi karakteristik wirausahawan secara umum juga, sebagaimana dikemukakan para pakar yang bisa kita temukan di berbagai literatur tentang entrepreneurship, yaitu antara lain:

3. Mamfaat Menjadi OnlinePreneur

Ada beberapa keuntungan mamfaat menurut saya menjadi OnlinePreneur yaitu sebagai berikut diantaranya:
  • Lebih bebas karena bisa dijalankan dari mana saja
  • Pasar jauh lebih luas
  • Hemat biaya
  • Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu

4. Keahlian khusus onlinepreneur


Karena sifatnya online, maka onlinepreneur memerlukan keahlian atau keterampilan (skills) khusus terkait teknologi informasi dan komunikasi online " komputer, gadget, internet, dan manajemen website atau blog " serta marketing dan layanan online.

Praktisnya, onlinepreneur bisa mengawali bisnisnya dengan blogging (ngeblog), yakni membuat blog pribadi, lalu meningkatkan atau ditambah dengan blog toko online (online store), plus akun media sosial (facebook, Instagram, google plus, youtube, dll) untuk kepentingan networking dan marketing online.

Kata OnlinePrener ini, istilah baru di era internet bagi mereka yang berbisnis online. Yang paling populer adalah mengikuti program Google Adsense. Untuk bisa mengikuti program Google Adsense alias memasang iklan Google, blog kita harus berisi:
  • Konten Asli 
  • Berkualitas 
  • Bermanfaat 
  • Tidak berisi link jud* atau porn*grafi 

Dengan Google Adsense, blogging kita bukan sekadar ekspresi diri dan berbagi (sedekah ilmu), tapi juga mendapatkan penghasilan. Selain Google Adsense dan Toko Online, masih buanyak cara lain onlinepreneur alias mendapatkan penghasilan dari internet. Jadi, tunggu apa lagi? Just GO BLOGGING!

Dan kalau saya boleh bilang, sebetulnya ini sama halnya seperti kita melakukan wirausaha secara tradisional, namun kantor atau toko anda berada di online.

Demikianlah postingan tentang onlinepreneur yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan sebuah saran dan komentar yang baik.

2 komentar untuk "OnlinePreneur"

  1. Alhamdulillah saya karyawan tapi nyambi jualan online, lumayan hasilnya mendekati gaji kantor :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ketika tidak bekerja lagi nanti tidak khawatir apalila sudah tidak bekerja lagi karna masih bisa menghasilkan secara online. 😊👍

      Hapus

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Ingin Mendukung Kami Bisa melalui Halaman Donasi