"Hei hei, yow yow, Selamat datang Iagi di BangRizkyW.com. Blog terkece, tersuper, terkeren, dan terhit di Indonesia. Update semaunya ENJOYYY SELAMAT MEMBACA" Mencoba berbagi pengalaman, pemahaman, pengetahuan dalam bentuk tulisan karena berbagi pengetahuan itu indah. MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, UNTUK MENDUKUNG KAMI TERUS BERBAGI SILAHKAN BERDONASI KEPADA KAMI CUKUP DENGAN KLIK IKLAN TERIMAKASIH

Memahami Lebih jauh tentang URL


Ketika anda berselancar di internet, anda sejatinya sedang mengakses sebuah halaman web dengan URL tertentu. Pada halaman ini, kita akan membahas lebih jauh apa itu URL serta bagian-bagian yang terdapat pada sebuah URL. Sebelum saya membahas lebih jauh tentang URL mari simak pengertian URL di bawah ini

Pengertian URL

URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat unik yang digunakan untuk mengakses sumber daya (resources) tertentu di internet. Adapun sumber daya yang dimaksud disini adalah semua sumber daya yang tersedia di internet, hal ini bisa berupa halaman web (document HTML), Gambar, Video dan berbagai sumber daya lainnya.

Ada banyak halaman web dan file yang tersedia secara publik di internet. Untuk dapat mengakses halaman atau file tertentu, web browser membutuhkan alamat unik yang mengarah pada sumber daya bersangkutan. 

Dengan kata lain, setiap halaman web ataupun file di internet memiliki alamat yang berbeda. Alamat inilah yang disebut sebagai URL. Sekarang, untuk lebih jelasnya, lihat pada address bar browser anda, akan terlihat url halaman yang sedang anda akses saat ini

Bagian-bagian Utama URL

URL halaman ini
https://www.bangrizkyw.com/2018/07/memahami-lebih-jauh-tentang-url.html

URL di atas sedikit akan kita tinjau mengenai bagian-bagian /struktur URL halaman web. Terdapat 3 bagian yang umumnya kita jumpai pada sebuah URL, tiga bagian ini adalah sebagai berikut: 

1. Protokol  (yang berwarna merah)

Protokol adalah bagian URL yang mendefinisikan "bagaimana proses komunikasi akan dilakukan". Sederhananya, protokol adalah seperangkat aturan yang menjelaskan bagaimana proses langkah demi langkah komunikasi antar dua atau lebih komputer dilakukan. 

Jaringan akan mengikuti aturan ini untuk dapat mentransmisikan data dengan benar. Adapun protokol standar yang sering kita jumpai adalah HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTPSecure). Selain 2 protokol ini, terdapat beberapa protokol lainnya yang digunakan pada URL, sebut saja misalnya mailto: yang mengintruksikan browser untuk membuka program email default pada perangkat client.

Untuk kegiatan pada browser, Prokokol merupakan bagian opsional. Dengan kata lain, kita bisa mengetikkan URL dengan atau tanpa protokol padaaddress bar browser. Dalam hal ini, jika protokol tidak didefinisikan, browser akan menggunakan protokol default (http). 

2. Hostname (yang berwarna biru)

Hostname (bisa juga disebut sebagai domain name) adalah bagian yang menunjukkan alamat utama website yang menerbitkan sumber daya bersangkutan. 

3. Path (yang berwarna hijau)

Menunjukkan lokasi file yang diakses.
Catatan: Sebuah URL setidaknya terdari atas Protokol dan Hostname.

Selain 3 bagian diatas, terdapat 2 bagian lainnya yang juga sering kita jumpai pada URL untuk jenis halaman tertentu. Dua bagian ini adalah sebagai berikut:

1. Parameter

Parameter adalah query pada URL yang umumnya digunakan untuk memproses data pada halaman secara dinamis. Pada sebuah URL, pendefinisian parameter ditulis dengan awalan ? dan terletak setelah path URL. URL dengan parameter biasanya sering kita temui pada situs jual beli online. 

2. Anchor
Anchor adalah query yang digunakan pada URL untuk kepentingan navigasi halaman. Anchor digunakan untuk membuat link yang mengarah pada bagian tertentu halaman web. Pada sebuah URL, pendefinisian anchor ditulis dengan awalan # dan terletakkan pada akhir URL. 

Sebagai contoh, link dibawah ini dibuat dengan URL tujuan yang memiliki Anchor #header-wrapper (ID bagian header blog ini). Ketika link ini di klik, browser akan melakukan scroll ke bagian yang ditentukan (dalam hal ini, elemen header adalah elemen bagian atas blog).

https://www.bangrizkyw.com/2018/07/memahami-lebih-jauh-tentang-url.html#header-wrapper

Baca juga : ➡ hasilkan uang dengan url shortener

Mudah-mudahan share kali ini ada manfaatnya kalau tidak ada baiknya mohon jangan diambil. demikianlah postingan tentang Memahami Lebih jauh tentang URL yang bisa saya sampaikan semoga bisa menambah pengetahuan anda, mungkin ada tambahan dari kamu sekalian? kalau ada silahkan isi di kolom komentar jangan lupa juga berikan sebuah saran .

2 Responses to "Memahami Lebih jauh tentang URL"

  1. Everything is very open with a very clear clarification of the issues.
    It was truly informative. Your website is useful. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes friends as much as possible I write everything is very open with a very clear clarification of the problem. thank you for commenting 😉🙏

      Delete

Tata Tertib Berkomentar :
🔖 Berkomentarlah yang relevan sesuai topik.
🔖 Jika bermanfaat, sobat bisa bagikan juga ke teman-teman sobat melalui tombol media sosial di atas, karena berbagi itu indah, semoga jadi jalan kebaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel